Cabai Merah Terpantau Mahal, Bertahan Rp100.000 Per Kilogram 

 

Seorang pedagang sedang merapikan sayuran.Netty

Medan | Jurnal Asia
Usai Lebaran pertama dan kedua, harga sejumlah bahan pokok masih relatif mahal. Terutama komoditas pangan seperti cabai merah dan cabai rawit di mana harga cabai merah dikisaran Rp100.000 per kg dan cabai kecil Rp50.000 per kg.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Sukaramai Medan, Anwar mengaku, harga cabai masih terbilang mahal terutama cabai merah. Ditambah lagi, banyak pedagang yang belum aktif berjualan

“Iya, hari ini harga cabai belum normal masih mahal. Ini karena stok cabai merah dan cabai rawit belum stabil, petani juga banyak yang belum ke ladang karena masih Lebaran,” katanya, Jumat (7/6).

Dan meski mahal, kualitas cabai yang dijual dipasaran terbilang sangat buruk. Menurut perdagang, kemungkinan karena panennya di sentra-sentra cabai sedang tidak bagus. Tapi pedagang tetap menjualnya karena permintaaannya cukup tinggi.

Sementara, Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumatra Utara, Gunawan Benjamin, harga kebutuhan pokok sampai saat ini terbilang sangat liar.

“Disparitas harganya terlalu banyak dan tidak merata. Sejumlah bahan pokok masih belum banyak ada di pasar dan aktifitas belanja masyarakat di pasar sejauh ini belum stabil,” ucapnya.

Selain cabai merah, beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan adalah sayur-sayuran. Jenis sayur-sayuran ini banyak mengalami kenaikan harga. Tetapi memang tidak begitu besar kontribusi ke inflasi nantinya meski rentang kenaikannya berkisar 200-300 persen.

Selebihnya sejumlah komoditas yang ada di pasar terpantau stabil. “Kita akan terus pantau dan evaluasi perkembangan harga tersebut. Harga baru akan masuk ke tingkat keseimbangan yang baru pada Senin pekan depan whose that girl free teen porn video 81,” tutupnya.(nty)