Cabai Merah di Medan Kembali “Pedas”

 

Harga cabai merah terus mengalami peningkatan.Netty

Medan | Jurnal Asia
Cabai merah kini kembali “pedas”. Sempat turun diangka Rp60 ribu per kilogram untuk beberapa saat, kini harga cabai merah kembali ke level Rp70 ribu-Rp80 ribu per kilogram di sejumlah pasar tradisional di Medan dan sekitarnya.

Pedagang di Pasar Petisah Medan, Reni Sipayung mengatakan, harga cabai kembali naik dikarenakan pasokan terus berkurang. Ada kenaikan Rp10.000-Rp15.000 per kg dari dua hari sebelumnya.

“Padahal dua hari lalu masih bertahan Rp60.000 per kg. Hari ini naik jadi Rp 75.000 per kg. Alasannya yang saya dengar selain karena stok kosong katanya di Tanah Karo kemarau,” katanya, Rabu (10/7).

Sedangkan untuk harga cabai rawit di kisaran harga Rp60.000 per kg. Begitu juga dengan harga cabai hijau juga di kisaran harga Rp 48.000 per kg.

“Harga tersebut masih terbilang mahal. Biasanya cabai hijau itu sekitar Rp25 ribuan,” bebernya.

Hal senada dikatakan, M.Pasaribu salah satu pedagang yang ada di Pasar Petisah Medan, yang mengatakan harga cabai masih mahal. Hari ini ia menjual harga cabai merah di harga Rp80.000 per kg.

“Masih mahal. Dua hari yang lalu masih dapat harganya Rp 60.000 per kg. Naiknya harga cabai merah berdampak juga pada cabai hijau dari harga Rp35.000 per kg naik jadi Rp42.000 per kg,” terangnya.

Sementara itu, harga bawang merah berada di harga Rp 34.000 harga ini turun di mama sebelumnya berada di kisaran Rp40.000 per kg. Bawang putih juga turun sama harganya dengan bawang merah Rp 34.000 per kg nya.

Tomat juga harganya masih sama belum ada perubahan masih Rp10.000 sampai 12.000 per kg dan masih bertahan mahal.

Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, dengan kondisi seperti ini, deflasi di bulan Juli ini, belum akan terlihat dalam waktu dekat. Karena memang motor penyumbang inflasi bulan kemarin yakni komoditas cabai harga belum turun di pekan pertama bulan ini.

“Harga cabai merah masih bertahan dikisaran Rp70 ribuan per kg, padahal cabai merah ini yang diharapkan nantinya mampu menekan laju tekanan inflasi,” tandasnya.

Jika harga komoditas cabai bisa turun saja sampai dikisaran Rp50 ribuan, ia yakin inflasi di sumut bisa ditekan ddi bawah 4 persen selama tahun berjalan atau year on Year 2019. Ia optimis inflasi bisa turun dikisaran 3 hingga 3.5 persen tetapi itu  sifatnya masih harapan, sementara realita di lapangan harga cabai masih sangat mahal sampai sejauh ini.(nty)