Aplikasi Anavigo Bantu Pemudik Atasi Masalah Diperjalanan

 

Regional Office Head Sumatra AstraWorld, Malvin Okky Stanley menunjukkan aplikasi Anavigo.Netty

Medan | Jurnal Asia
Para pemudik kini dapat memanfaatkan layanan aplikasi Anavigo dalam perjalanan. Aplikasi yang diluncurkan AstraWorld ini memudahkan pemudik dalam memperoleh berbagai informasi dan bantuan karena dilengkapi fitur-fitur utama sehingga perjalanan lancar dan aman.

Regional Office Head Sumatra AstraWorld, Malvin Okky Stanley mengatakan, sejak diluncurkan pada Juni 2016, Anavigo telah diunduh lebih dari 245 ribu kali hingga 30 April 2019. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat memudahkan pelanggan saat di perjalanan.

Ia merinci, ada tiga fitur utama dalam aplikasi ini. Pertama, Car Emergency yakni digunakan saat pelanggan Astra memerlukan bantuan Emergency Roadside Assistance (ERA) untuk mengatasi gangguan pada kendaraan. Kemudian, fitur Find Place membantu pengguna menemukan lokasi tertentu dalam perjalanan.

Dan yang ketiga, Traffic Report yang akan memberikan informasi lalu lintas terkini sepanjang rute perjalanan. Informasinya sangat akurat mengingat informasi tersebut dikutip dari Traffic Managemen Center (TMC) milik kepolisian.

“Seiring perkembangan era digitalisasi, aplikasi ini tentunya dapat digunakan
pengendara saat menghadapi kesulitan diperjalanan. Khusus pemesanan layanan ERA melalui aplikasi tersebut sepanjang April 2019 mencapai 8.906 atau sekitar 62 persen dari total order,” katanya, Rabu (29/5) di Medan.

Pemesanan layanan ERA Astraworld pada tahun 2018 mencapai 44.026 pemesanan baik melalui Call Center atau aplikasi. Khusus pengguna aplikasi Anavigo angkanya terus mengalami peningkatan yakni mencapai 20.836 order atau 47,33 persen dari total order di 2018.

Layanan ERA ini tersedia setiap hari selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dalam bentuk layanan jasa mobil gendong ke bengkel Astra terdekat, penggantian ban, mengaktifkan baterai yang lemah. Kemudian, membuka mobil karena kunci tertinggal di dalam mobil, susah starter dan jasa konsultasi teknis melalui call center AstraWorld 1-500 898 atau via e-mail customer service.

“Layanan ini dapat digunakan oleh pemilik kendaraan merk Astra yakni Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot dan Lexus yang membeli mobil pada cabang-cabang yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk, seperti Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Astra Peugeot,” jelasnya.

Malvin menambahkan, layanan ERA ini akan mendukung program Astra Holiday Campaign atau Posko Mudik yang disiapkan PT Astra International Tbk dalam menghadapi mudik Lebaran. Posko Mudik ini sendiri terdiri dari pos siaga 24 jam, bengkel siaga, dan layanan siaga 24 jam yang berlangsung dari 31 Mei hingga 7 Juni 2019.

“Seperti Bengkel Siaga kita siapkan sebanyak 96 unit bengkel yang tersebar mulai dari Kota Medan hingga Kota Kendari,” tuturnya.

Khusus pada tahun ini, PT Toyota Astra Motor bersama dengan Auto2000 dan AstraWorld membuka Posko Siaga di Tebing Tinggi, tepatnya berada di Komplek MBC, Jalan Yos Sudarso.

“Dengan berbagai hal yang kita persiapkan tersebut, kita berharap mudik Lebaran pada tahun ini dapat berjalan lancar dan aman, sehingga masyarakat dapat berlebaran dengan nyaman bersama keluarganya,” tutupnya.(nty)