93,35 Persen Wisatawan ke Sumut Masuk dari Bandara Kualanamu

Bandara Kualanamu.Ist

Medan | Jurnal Asia
Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara merilis, total kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Sumut sepanjang Februari 2019 mencapai 40.812 kunjungan. Dari jumlah ini, wisman yang
masuk melalui pintu bandara Kualanamu sekitar 93,35 persen atau 38.101 wisman.

Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi mengatakan, wisman masuk ke Sumatera Utara melalui empat pintu kedatangan yakni Bandara Kualanamu, Pelabuhan Laut Belawan, Bandara Silangit dan Pelabuhan Laut Tanjung Balai Asahan. Dari empat pintu masuk ini yang terbanyak dari Bandara Kualanamu.

“Memang wisman yang datang ke Sumut lebih banyak melalui pintu masuk Bandara Kualanamu. Persentasenya sekitar 93,35 persen atau 38.101 wisman,” katanya di Medan, Rabu (10/4).

Sedangkan wisman yang masuk dari Bandara Silangit, lanjutnya, baru 6,04 persen atau 2.464 wisman. Padahal Bandara Silangit diproyeksikan menjadi pintu masuk wisman khususnya ke kawasan Danau Toba.

“Meski masih berkontribusi kecilĀ terhadap total wisman yang masuk ke Sumut, tapi wisman yang masuk melalui Bandara Silangit menunjukkan tren peningkatan setiap bulannya. Itu artinya, kontribusinya akan terus naik hingga akhir tahun,” pungkasnya.

Secara rinci, wisman yang masuk melalui Bandara Silangit pada Januari 2019 sebanyak 990 orang dan di Februari meningkat menjadi 1.474 orang. Namun, untuk negara asal wisman yang masuk melalui Bandara Silangit masih belum terdata.

Tapi secara umum, wisman yang masuk ke Sumut paling banyak berasal dari Malaysia sebanyak 19.499 orang, Singapura sebanyak 2.526 orang, Tiongkok sebanyak 1.080 orang, Taiwan sebanyak 758 orang dan Jerman sebanyak 589 orang. Sisanya berasal dari India, Amerika Serikat, Australia, Inggris, Belanda dan lainnya.(nty)