Jaksa Tuntut Hukuman Mati Empat Terdakwa Narkotika 270 Kg

Medan | Jurnal Asia
Empat terdakwa atas kasus narkotika dengan jenis sabu seberat 270 kilogram hanya bisa menundukan kepala di kursi persakitan. Pasalnya, mereka dituntut dengan hukum mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (26/5) sore.

Keempat terdakwa dituntut mati, masing-masing bernama Ayau (40 tahun) warga Bengkalis, Riau, Daud alias Athiam (47 tahun) Bengkalis, Riau, pengusaha jasa pengiriman, Lukmansyah Bin Nasrul (36 tahun) warga Dumai Kota, petugas sekuriti, dan Jimmi Syahputra Bin Rusli (27 tahun) warga Pancur Batu, Deliserdang, Sumatera Utara.

Dalam amar tuntutan Jaksa, keempat terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan memiliki dan menguasai narkotika golongan I dengan jumlah besar, yakni 270 kilogram. “Bersalah melakukan dan menerima narkotika. Dengan itu meminta kepada majelis hakim untuk menjatuhkan hukum mati terhadap keempat terdakwa,” tegas JPU, Sindu Hutomo di hadapan majelis hakim diketuai oleh Asmar.

Keempat terdakwa dijerat JPU dengan Pasal 114 jo Pasal 112 Ayat 2 jo Pasal 132 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 20 tahun penjara dan maksimal hukuman mati. Sedangkan, untuk Daud alias Athiam kembali dijerat dengan Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Menyikapi putusan itu, keempat terdakwa mengajukan nota pembelaan (pledoi) yang disampaikan melalui kuasa hukum mereka, Nurwadi Aco. Pledoi disampaikan, kemarin, usai pembacaan nota tuntutan dari JPU. “Dengan judul pledoi ‘Tuhan selamatkan jiwa kami’. Empat nyawa sedang dipertarungkan. Meski sidang berlangsung alot tapi aman dan terkendali,” ungkapnya.

Didalam pledoi, Nurwadi Aco juga meminta kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk meringkus pemilik sabu seberat 270 kilogram tersebut. Jangan sampai keempat kliennya menjadi kambing hitam dalam kasus ini.

“Keadilan ini berjalan dengan adil dan azas keadilan yang dibuktikan oleh kejujuran. De­ngan anggaran besar, BNN harus menangkap pemilik ba­rang-barang ini. BNN lebih ba­nyak menangkap kurir ketim­bang pemilik narkoba. Hal itu, tidak menjadi barang rahasia umum di masyarakat,” tandasnya.

Pada intinya dalam pledoi tersebut, meminta majelis hakim melepaskan terdakwa dari tuntutan hakim demi hak azasi manusia untuk hidup didunia ini. Setelah pembacaan nota tuntutan dan nota pembelaan, majelis hakim menunda per­sidangan hingga pekan de­pan, dengan agenda putusan (vonis) terhadap keempat ter­dakwa.

Diluar sidang keempat terdakwa enggan memberikan komenter dengan tuntutan mati mereka terima dari JPU. Malah sebaliknya, tertawa kecil saat diboyong oleh petugas pengawal tahanan (Waltah) dan pihak kepolisian.

Diketahui, Keempat terdakwa itu, ditangkap oleh Badan Nar­kotika Nasional (BNN) di Gudang Jade Citu Square Jalan Yos Sudarso km 11.5 Kelurahan Titipapan Kecamatan Medan Deli, Sumatera Utara, Sabtu, 17 Oktober 2015, lalu.

Barang haram tersebut, be­rasal dari Tiongkok masuk ke Du­mai. Kemudian, menggunakan truk fuso dibawa ke Medan melalui jalan darat. Sedangkan, serbuk putih itu, milik Lau Lai alias Aan alias Jecky yang saat ini masuk dalam pencarian orang (DPO) BNN. Kemudian, Bila berhasil membawa sabu seberat 270 kilogram, keempat terdakwa akan mendapatkan upah sebesar Rp300 juta. (mag-08)

Close Ads X
Close Ads X