Investor Tiongkok Lirik Potensi Danau Toba, Fengshuinya Sangat Bagus

Medan | Jurnal Asia
Plt Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyambut baik niat pengusaha dari Tiongkok, Appolo Light International Investment Group, untuk berinvestasi di Provinsi Sumatera Utara. Menurut investor tersebut, fengshui Danau Toba diakui sangat bagus sekali.

Hal tersebut dikatakannya saat me­nerima kunjungan rombongan pe­ngusaha dari Tiongkok, Appolo Light International Investment Group yang dipimpin Wong Frank dan pengusaha dari Jakarta, yakni PT Bumi Energy Bersinar yang di­­pimpin Direktur Utama Alvan Su­tandy di ruang kerjanya, kemarin.

“Pemprovsu mengucapkan te­rima kasih kepada Dirut PT Bumi Energy Bersinar, karena dengan se­nang hati membawa investor untuk berinvestasi di Sumatera Utara,” se­but Plt Gubsu yang didampingi Plt Asisten Ekbang Setdaprovsu Ibnu S Hutomo, Kadis Binamarga Pro­vsu Effendy Pohan, Kepala BPPT Provsu Sarmadan Ha­sibuan, Ka­dis Pertambangan Edi Salim dan Plt Kadis Pertanian Provsu Azhar Harahap.

Dikatakan Plt Gubsu, Provinsi Su­­­matera Utara dengan jumlah pen­­du­duk terbesar keempat nasional dan memiliki banyak potensi yang be­lum dikembangkan. Tentunya perlu kerjasama dengan pengusaha-pe­ngusaha untuk pengembangan po­tensi-potensi yang ada.

Terkait investasi di bidang energi yakni pembangunan pembangunan pem­bangkit Listrik Tenaga Surya, Plt Gubsu sangat menyambut baik hal tersebut dan berjanji akan men­dukung pembangunan tersebut se­suai dengan kewenangan provinsi. “Untuk pembangunan tersebut, ada yang menjadi kewenangan pe­­merintah pusat, provinsi dan ka­bu­­paten/kota. Pemprovsu akan mem­bantu para investor yang akan berinvestasi,” ujar Erry.

Pada kesempatan itu Plt Gubsu juga menawarkan investasi di sektor lain, seperti sektor pembangunan infrastruktur. Dikatakan Plt Gubsu bah­wa saat ini Pemerintah Pusat se­dang melakukan pembangunan in­frastruktur di provinsi Sumatera Uta­ra. Seperti pembangunan jalan tol Binjai Tebing-Tinggi, pelabuhan dan rel kereta api. Pada pembangunan jalan tol tersebut juga ada yang bekerjasama dengan pengusaha dari Tiongkok.

Bukan hanya itu, Plt Gubsu juga menawarkan untuk berinvestasi di sektor Pariwisata. Seperti kawasan Danau Toba. Plt Gubsu mengatakan, kawasan Danau Toba akan dijadikan objek wisata bertaraf internasional. “Disediakan 5.000 hektar lahan untuk dikelola dan diundang para investor untuk berinvestasi,” kata Plt Gubsu.

Sementara, pimpinan rombongan dari Appolo Light International Investment Group, Wong Frank, me­ngatakan sangat berterimakasih atas sambutan yang baik dari Plt Gubsu. Dikatakannya dengan dite­mani dari Dirut PT Bumi Energy Ber­sinar Alvan Sutandy telah me­ninjau langsung kawasan Danau Toba.

“Kami telah survei langsung ke kawasan Danau Toba, dan saya melihat potensi kawasan Danau Toba itu sangat besar sekali. Fengsuinya sangat besar sekali,” sebut Wong yang diterjemahkan Alvan Sutandy.

Oleh karenanya, dengan melihat potensi yang ada pihaknya menyatakan selalu siap untuk berinvestasi di kawasan Danau Toba tersebut. Bukan hanya itu pihaknya juga berkeinginan untuk membangun pembangkit listrik tenaga sura di Sumatera Utara dengan teknologi menggabungkan produksi listrik dengan pemanfaatan ruang dibawah panel solar menjadi ruang green house.
“Di ruang green house kita bisa menanam tanaman organik dan juga bisa berternak ikan,” sebutnya.

Bila pembangkit listrik tenaga surya ini bisa berjalan lanjutnya, akan bisa menampung kurang lebih 90 orang tenaga kerja untuk 1 hektar lahan. Dan pihaknya meyakini bila pembangunan pembangkit listrik ini bisa berjalan. “Teknologinya merupakan teknologi terbaik di dunia,” katanya lagi.

Pada kesempatan itu, Wong juga mengatakan pihaknya benar-benar ingin berinvestasi di Provinsi Sumatera Utara. Bukan hanya di sektor energi, tetapi juga sektor lain seperti pembangunan jalan tol ke Danau Toba dan pembangunan pelabuhan Global Container Hub Kuala Tajung. “Kami sangat berharap kerjasama antara Tiongkok yakni Appolo Light International Investment Group dan Provinsi Sumatera Utara dapat dilakukan,” harapnya. (andri)

Close Ads X
Close Ads X