Gubes ITM Jadi Direksi PT KIM | Siap Tingkatkan Fasilitas bagi Dunia Usaha dan Investor

Medan | Junal Asia
Dipercaya menjadi Direktur Pengembangan dan Operasional PT Kawasan Industri Medan atau KIM (Persero), Guru besar (Gubes) Institut Teknologi Medan (ITM) Prof Dr Ilmi Abdullah MSc menyatakan siap untuk terus meningkatkan berbagai sarana dan fasilitas yang dibutuhkan dunia usaha maupun investor.

“Dengan beberapa program kerja yang akan dijalankan dalam waktu dekat ini, kami berupaya meningkatkan penyediaan prasarana, seperti melaksanakan pembangunan serta pengurusan pengusahaan dan pengembangan serta kegiatan di bidang usaha kawasan industri dan jasa dengan menerapkan prinsip perseroan terbatas,” kata Prof Ilmi Abdullah di kampus ITM Jalan Gedung Arca Medan, Selasa (3/5).

Dijelaskannya, secara komersil dunia usaha bertujuan untuk menjadi perusahaan yang me­nguntungkan, makmur dan ber­kelanjutan dengan me­nye­diakan sarana dan pra­sarana untuk industri.
Apalagi hal itu sesuai dengan akte notaris maksud dan tujuan perusahaan untuk melaksanakan serta menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya.

Menurut Ilmi, program kerja yang akan dijalankan itu antara lain melalui penyediaan kawasan industri yang berwawasan lingkungan dengan tujuan mempercepat investasi dan pertumbuhan sektor industri, perluasan lahan PT KIM tahap III, kerjasama dalam bidang pengadaan energi listrik swasta dan mencari sumber air bersih dari air permukaan Sungai Denai, Desa Sibiru-biru.

Sebagaimana diketahui kata Ilmi, PT KIM merupakan kawasan yang terbesar di Sumatera Utara yang saat ini telah bergabung sebanyak 600 pengusaha mulai dari industri dengan skala UKM, menengah hingga industri multinasional dan internasional.

Disebutkannya, PT KIM adalah mitra usaha yang tepat untuk tujuan investasi, baik bagi investor lokal maupun asing yang terdapat berbagai hasil industri produksi dengan mengandalkan potensi dan sumber daya alam di Sumut antara lain, Industri Kelapa Sawit (CPO) dan turunannya, karet, coklat, kopi dan hasil-hasil pertanian berupa sayur mayur dan buah-buahan, industri hasil laut, hutan, furniture, baja dan lainnya.

Terpisah, Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Cemerlang SE mendukung dan menyambut baik atas terpilihnya Prof Ilmi menduduki jabatan penting dan strategis guna membantu perekonomian di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan.

“Kita senang Prof Ilmi yang merupakan Gubes dan Rektor ITM periode 2011-2015 mendapat kepercayaan menjadi direksi di PT KIM. Hal ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan sinergisitas anatar dunia usaha dengan lembaga penedidikan, khususnya bagi lulusan ITM,” katanya.

Disebutkannya, Prof Ilmi juga saat ini sebagai salah seorang staf ahli Kopertis Wilayah I Sumut dan Dinas Ketahanan Pangan Sumut, staf ahli Balitbang Provsu serta Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Sumut. (swisma)

Close Ads X
Close Ads X