Ekspor Perdana, Pemerintah Ekspor Satu Ton Kopi ke Australia

Surabaya | Jurnal Asia
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga hari ini melakukan pelepasan kopi ekspor perdana kopi raja. Kopi asal Jawa Timur ini siap diperdagangkan di pasar Melbourne, Australia.

Dalam pelepasan perdana ini, satu ton kopi raja telah siap untuk dijual di Australia. Pasar dari kopi raja ini pun ditargetkan berasal kalangan masyarakat Indonesia yang berdomisili di negeri kangguru tersebut.

“Ekspor kopi perdana ini akan dipasarkan secara ritel menyasar konsumen warga negara Indonesia yang berada di Australia,” kata Ketua Koperasi Mukmin Mandiri, Jawa Timur, Muhammad Zaki dalam keterangannya, Selasa (3/5).

Volume ekspor kopi raja ini ditargetkan akan meningkat secara bertahap sebanyak 2 ton dalam setahun. Dengan begitu, masyarakat Indonesia yang berdomisili di Australia pun dapat dengan mudah mendapatkan produk kopi asli Indonesia.

Tak hanya itu, kopi raja ini pun ditargetkan dapat menembus pasar di Timur Tengah. Salah satunya adalah Dubai. Diharapkan, ekspor kopi Indonesia pun secara perlahan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Untuk diketahui, saat ini telah terdapat beberapa kopi asal Indonesia yang masuk ke pasar internasional. Diantaranya adalah, Kopi Bali, Kopi Gayo, dan Kopi Toraja. Pemerintah pun saat ini tengah berupaya untuk melakukan promosi kopi ke berbagai negara. Salah satunya adalah pada ajang Specialty Coffee Association of Amerika (SCAA) Expo 2016 yang akan digelar di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat yang digelar pada 14-17 April lalu. (oz)

Close Ads X
Close Ads X