Menteri Susi Diminta Sejahterakan Nelayan

Jakarta | Jurnal Asia
Ketua Pusat Kajian Jaminan Sosial Nasional (PKJSN), Ridwan Max Sijabat meminta Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti mem­perhatikan kesejahteraan ne­layan. Dia menyarankan Men­teri Susi tidak hanya fokus pada pencurian ikan yang dilakukan oleh asing.

“Oke lah saat ini dari sisi kedaulatan negara, Menteri Susi sudah menjalankannya dengan banyak melakukan peneng­gelaman kapal pelaku ilegal fishsing. Itu kami sangat apresiasi,” kata dia di Jakarta, Senin (2/5).

Memang, lanjutnya, yang dilakukan Menteri Susi saat ini bisa menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), namun aksi ini tidak cukup untuk mensejahterakan rakyat. Mestinya, kata dia, setelah banyak penenggelaman aksi ilegal fishing, harus lebih banyak ikan yang dapat didapat nelayan.

Namun Ridwan bilang fakta yang ada tidak seperti itu. “Faktanya belum banyak yang sejahtera. Karena logikanya kalau penangkapan ikan yang ilegal itu berkurang, maka ikan-ikan itu harus dapat dinikmati oleh nelayan,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya men­dorong Menteri Susi segera merealisasikan pemberian 4.300 kapal untuk nelayan. Dia bilang, jika kapal tersebut dibagikan akan sangat membantu nelayan.
“Jika itu dilakukan, akan membantu sekali bagi nelayan,” imbuh dia. (oz)

Close Ads X
Close Ads X