Kopi Masih Jadi Andalan Ekspor Sumut

Medan | Jurnal Asia
Dinas Perindustrian dan Per­­dagangan Sumatera Utara (Sumut) mencatat kopi masih tetap menjadi komoditas andalan ekspor provinsi itu dan masuk dalam 10 besar ekspor daerah itu.
“Kopi tetap masuk dalam 10 besar ekspor Su­mut.

Bahkan pada 2015, terjadi peningkatan ekspor sebesar 2,51 persen,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dis­perindag) Sumut Zulkarnain di Medan, Kamis. Dia mengatakan hal itu saat menutup Rapat Umum Ang­gota (RUA) Daerah IX Asosiasi Eks­portir Kopi Indo­nesia (AEKI) Su­mut. Terpilih sebagai Ketua AEKI Sumut dalam RUA AEKI itu adalah Saidul Alam eksekutif CV Sinar Abadi. Adapun Wakil Ke­tua Su­laiman, Winar­mas, So­­fian Wijaya dan Michael Wi­jaya.

Kepengurusan periode 2016-2021 itu juga terdiri atas pe­ngu­rus untuk kom­partemen promosi dan pe­­masaran, produksi dan specia­lity, industri hilir dan hukum dan pengelolaan aset. Menurut Zulkarnain, pada tahun 2016 ekspor biji kopi Sumut 69.660 ton di­banding 2014 yang masih 67.950 ton.

Namun meski me­ning­kat, kata dia, kualitas kopi ekspor masih belum naksimal. “Untuk itu perlu ditingkatkan mutu­­­nya antara lain dengan me­ng­gunakan surveyor/ba­dan sertifikasi yang akre­di­tasi­nya baik,” katanya. (ant)

Close Ads X
Close Ads X