Plt Gubsu Motivasi 558 Putra/Putri Anggota Korpri

Medan | Jurnal Asia
Plt Gubsu HT Erry Nuradi membuka pelaksanaan Bim­bingan Test/Study intensif bagi 558 putra-putri anggota keluarga Kor­pri Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Ruang Martabe Kantor Gubsu, Kamis (28/4).

Bimbingan bertujuan untuk persiapan bagi anak-anak dan keluarga anggota Korpri menghadapi ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Hadir dalam kesempatan Sekda Provsu H Hasban Ritonga yang juga adalah Ketua Dewan Pembina Korpri Sumut, Ketua Panitia Hj Nurlela dan ratusan peserta bimbingan serta orangtua.

Bimbingan Tes intensif dilak­sanakan oleh Sonny Soe­gama Colagge bertempat di SMAN 1 Medan selama satu bulan penuh mulai 27 April hingga 27 Mei 2016. Plt Gubsu dalam pembukaan tersebut memberikan motivasi kepada para putra-putri anggota Korpri yang terdiri 57 anak-anak PNS di jajaran SKPD dan Biro Sekertariat Daerah Provsu dan 501 anak utusan dewan pengurus Korpri kabupaten/kota se-Sumut. “Prestasi dan keberhasilan membutuhkan pengorbanan. Kalian harus disiplin mengikuti program ini dari awal hingga berakhir,” imbuh Erry Nuradi.

Kepada anak-anak pe­serta bimbingan intensif, Plt Gubsu juga mengimbau untuk ber­tanggungjawab me­lak­sa­nakan tugas dan kewajiban serta simulasi seleksi bersama. “Hargai ketauladanan orang­tua dan guru. Teruslah belajar, kua­sai ilmu pengetahuan serta santun dan selalu berdoa,” ujar Erry.

Dikatakannya, dengan diber­lakukan Masyarakat Eko­nomi ASEAN persaingan bu­kan saja berlaku antar daerah, namun persaingan sudah berlaku di tingkat regional. “Sekarang persaingan kita bukan hanya dengan provinsi lain, namun kita juga bersaing dengan Malaysia, Singapura, Vietnam, Laos dan lainnya. Tidak ada cara lain untuk mampu bersaing selain meningkatkan SDM,” ujar Plt Gubsu.

Untuk itu, Plt Gubsu kembali menekankan agar para peserta bimbingan test/study dapat belajar lebih keras agar dapat masuk ke perguruan tinggi negeri sesuai pilihannya. “Ini adalah bentuk kepedulian dari Pemerintah Provinsi agar anak-anak anggota Korpri men­jadi sumber daya manusia yang berkualitas, professional dan handal terlebih lagi dengan berlakunya MEA,” katanya.

Dikatakan Plt Gubsu, ber­dasarkan laporan tahun lalu tingkat kelulusan peserta men­capai 23 persen. Untuk itu dia berharap tahun ini lebih banyak lagi jumlah peserta yang lulus dibanding tahun lalu. Harapan yang sama diungkapkan Sekda Provsu Hasban Ritonga. Dia mengatakan tahun ini harus ada peningkatan, dan mengimbau para peserta didik belajar lebih giat.

Ketua panitia Nurlela me­ngatakan, selain intensif, dilak­sanakan juga bimbingan tes/studi regular bagi 45 orang yang pelaksanaannya selama 1 tahun yang diikuti kelas X, XI dn XII bertempat di SSC Jalan Iskandar Muda.

Tujuan dari kegiatan ini, menurutnya, memberikan ak­ses, respon, wawasan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dan memajukan mutu pendidikan dan sumber daya manusia di Provinsi Sumatera Utara.
(andri)

Close Ads X
Close Ads X