Kejuaraan Menembak Piala Pangdam I/BB | Bidik Bibit Atlet Tembak Potensial

KAKI____DSC_0316
Medan | Jurnal Asia
Pangdam I/BB Mayjend Lodewyk Pusung membuka secara resmi kejuaraan menembak Piala Pangdam I/BB yang berlangsung di lapangan tembak Perbakin Sumut Gaperta Helvetia Medan, Jumat (8/4) pagi, dengan ditandai tembakan pelepasan balon.

Pangdam menegaskan, kejuaraan-kejuaraan menembak akan rutin digelar. Ia berharap dari kejuaraan yang akan berakhir pada Sabtu (9/4), dapat terjaring bibit atlet tembak potensial Sumatera Utara.

Pangdam menunjukkan perhatian dan dukungan besarnya terhadap perkembangan atlet menembak di Sumatera Utara. Ia berencana akan segera membuka sekolah menembak sehingga pada PON 2020 mendatang Sumatera Utara dapat mengirimkan lebih banyak lagi atletnya.

“Kejuaraan ini diselenggarakan atas kerjasama Kodam I/BB dengan Perbakin Sumut, dengan tujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet pemula potensial. Baik itu yang dari SMP maupun SMA. Setelah kejuaraan menembak ini, saya berharap akan segera dibuka sekolah menembak disini. Saya berharap dengan adanya sekolah menembak ini, kedepannya, satu atau dua tahun mendatang atlet-atlet ini bisa berbicara di event nasional maupun internasional,” jelasnya.

Pangdam mengungkapkan, saat ini baru dua atlet tembak Sumatera Utara yang lolos ke arena PON Jabar 2016, yang turun di nomor Air Pistol putra dan Air Pistol putri junior. Berangkat dari hal itu, sekaligus dalam rangka menyambut HUT Kodam I/BB maka digelarlah kejuaraan menembak ini.

Pangdam sendiri mengaku puas dengan besarnya animo peserta yang mengikuti kejuaraan ini. Dengan begitu, ia semakin optimis ada atlet pemula yang bakal terjaring. Pangdam juga mengungkapkan, ke depan akan terus digelar kejuaraan-kejuaraan menembak lainnya. “Metode yang paling efektif untuk menjaring bibit atlet menembak atau pemula adalah dengan terus menggelar kejuaraan. Karena itu olahraga menembak harus terus digalakkan,” terang Pangdam.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Harian Pengprov Perbakin Sumatera Utara Musa Idhishah atau akrab yang disapa Doddy mengatakan, kejuaraan ini merupakan event besar menembak pertama yang digelar di lapangan tembak Perbakin Sumut yang baru selesai direnovasi, dan belum diresmikan. “Event ini merupakan kerjasama Perbakin Sumut dengan Kodam I/BB. Kami Perbakin Sumut sangat berterimakasih dengan dukungan penuh dari bapak Pangdam I/BB terhadap kejuaraan ini,” jelas Doody.

Doddy mengungkapkan, event ini awalnya digelar untuk lingkup Sumatera Utara saja, namun seiring berjalannya waktu dan tingginya animo masyarakat dengan ikutnya petembak dari Pengprov Aceh, maka kejuaraan ini berkembang menjadi antar daerah. Doddy menambahkan, kejuaraan ini juga dihadiri pengurus Perbakin Manado.

“Mudah-mudahan ke depannya kita akan menggelar kejuaraan menembak antar pengurus daerah Perbakin, untuk awalnya Perbakin yang berdekatan dengan Sumatera Utara lebih dulu,” jelas Doddy.

Doddy sendiri optimis dengan besarnya minat peserta yang mengikuti kejuaraan menembak ini, bibit atlet potensial akan segera didapati. “Dengan keberadaan lapangan tembak yang baru di tengah kota, dengan akses yang sangat mudah dan juga lapangannya cukup baik untuk tingkat provinsi, kita sangat yakin akan lahir bibit atlet tembak,” terang Doddy.

Doddy tak lupa mengingatkan para peserta harus mengutamakan safety selama kejuaraan berlangsung. Semua peraturan harus dipatuhi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. “Peserta harus menjaga safety, karena olahraga ini berhubungan dengan peluru. Safety untuk diri sendiri dan orang yang ada di sekitarnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panpel Mayor Kav Eryzal Satria dalam laporannya mengatakan, anggota TNI 63, Polri 41, anggota Perbakin, masyarakat umum 156 dan wartawan 90 totalnya 350 orang. Ditambahkannya, kejuaraan ini juga diikuti oleh petembak asal Perbakin Aceh.

“Peserta diperkirakan akan terus bertambah hingga hari kedua kejuaraan. Event yang dipertandingkan yakni eksekutif, tembak reaksi non IPSC, metal silhoute, air pistol putra/putri, air rifle match putra, air rifle hunting putra, airsoft gun, eksebisi menembak wartawan se Sumatera Utara,” jelasnya.

Turut hadir dalam pembukaan kejuaraan ini, sekaligus mengikuti kejuaraan di nomor eksekutif yakni Kapoldasu Irjen Pol Budi Winarso, Wakapoldasu, Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Jemi Trisonjaya, Kasdam I/BB dan pejabat teras dan Ketua MPW PP Kodrat Shah. (andri)

Close Ads X
Close Ads X