Kejuaraan Menembak Piala Pangdam I/BB | Sembilan Petembak Aceh Ambil Bagian

KAKI___IMG_20160406_162437
Medan | Jurnal Asia
150 petembak dipastikan akan me­ngikuti Kejuaraan Menembak Terbuka Piala Pangdam I/BB 2016 yang akan berlangsung di Lapangan Tembak Perbakin Sumut Jalan Beringin Raya No 1 Helvetia Medan pada 8 hingga 9 April mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana (Pan­pel) Kejuaraan Menembak Terbuka Piala Pangdam I/BB 2016, Letkol Kav Eryzal Satria didampingi Wakil Ketua Panpel, Kapten Kav Fitrahudinsyah Lubis, mengatakan para peserta yang sudah terdaftar hingga Rabu (6/4) berasal dari kalangan TNI, Polri, dan sipil atau atlet tembak Perbakin Medan dan Sumut. Lebih lanjut dijelaskannya, peserta yang terdaftar hingga saat ini tak hanya berasal dari Sumatera Utara saja, namun sudah ada sembilan orang petembak dari Aceh yang memastikan turut serta.

“Keikutsertaan peserta dari luar Sumatera Utara jelas membuktikan kejuaraan ini mendapat respon yang positif. Ini akan menambah ketat per­saingan antar petembak. Jumlah peserta sendiri akan bertambah karena pendaftaran peserta masih tetap dibuka,” jelas Eryzal.

Kejuaraan yang diseleng­garakan atas kerjasama Kodam I/BB dengan Perbakin Sumut ini digelar dalam rangka menyambut HUT Kodam I/BB ke-66. Kejuaraan ini sendiri mempertandingkan enam nomor pertandingan, yakni Air Riffle Hunting Putra/Putri (ARH), Air Pistol Putra/Putri (AP), Air Riffle Macth Putra (ARM), Tembak Non Reaksi Non IPSC (Sipil/TNI/Polri), Metal Silhuotte 50 Meter (Sipil/TNI/Polri) dan AA IPSC (Sipil/TNI/Polri).

Eryzal menambahkan, selain memeriahkan HUT Kodam I/BB kejuaraan ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan menembak atlet-atlet tembak Sumatera Utara. Di sisi lain, kejuaraan ini juga untuk mempererat tali silaturrahmi antara TNI, Polri dan Sipil (masyarakat).

“Kita ingin dalam memeriahkan HUT ke-66 Kodam I/BB ini juga dirasakan oleh seluruh kalangan baik itu TNI, Polri dan sipil (masyarakat), tentunya melalui olahraga menembak. Sekaligus pula, dilaksanakannya kejuaraan menembak ini untuk menyalurkan bakat dan hobi di kalangan sipil, pelajar dan mahasiswa serta meningkatkan kemahiran menembak khususn­ya di kalangan TNI, dan Polri,” ucap­nya.

Eryzal juga menjelaskan, kejuaraan ini mendapat duku­ngan penuh dari Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung yang memberikan support besar atas terlaksanakan kejuaraan ini. Dan bagi kesatuan yang berada di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) juga dapat dan turut ikut dalam kejuaraan ini.

“Kejuaraan ini sifatnya terbuka, makanya kami dari panitia mempersilakan bagi masyarakat sipil, pelajar dan mahasiswa juga dapat mengikuti kejuaraan ini, bahkan dari kesatuan yang ada di wilayah Sumatera Bagian Utara juga bisa mengikuti kejuaraan ini sekaligus memeriahkan HUT ke-66 Kodam I/BB,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Panpel M Ilham menyatakan kejuaraan ini sudah siap digelar. Berbagai persiapan seperti area menembak dan venue lainnya sudah siap digunakan. Ilham menambahkan kejuaraan ini dilaksanakan sesuai dengan aturan atau regulasi olahraga menembak yang berlaku. Karena itu, peserta harus benar-benar mengutamakan safety atau keamanan saat memegang senjata.

“Pelaksanaannya sesuai dengan regulasi yang ber­laku. Jadi peserta harus mengutamakan keselamatan dan harus mampu menjaga safety senjatanya. Baik itu untuk keamanan diri sendiri maupun keamanan orang yang ada di sekelilingnya,” tandas Ilham. (andri)

Close Ads X
Close Ads X