Ptpn V Serahkan Bibit Ternak Sapi

Pekanbaru| Jurnal Asia
PT Perkebunan Nusantara V menyerahkan bantuan enam ekor bibit sapi betina bagi Kelompok Tani Berkah Desa Aur Sati Kecamatan Tambang Kabu­paten Kampar, Provinsi Riau, guna mewujudkan Prog­ram Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE).

“Bantuan lengkap dengan dana pembangunan kandang,” ungkap Kepala Urusan PKBL PTPN V, Sarimanza Tanjung, Kamis (11/2), di Kampar, usai penyerahan. Kelompok peternak yang berkesempatan mendapat bantuan kali ini merupakan mitra PTPN V dalam Program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi Desa Aur Sati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

“Kegiatan dilaksanakan di tengah keterbatasan lokasi RTPME yang sebagian besar terendam banjir,” ujar Sari­manza Tanjung . Menurut Sarimanza, pem­berian bantuan sapi merupakan hasil kerjasama antara PTPN V dengan Pemerintah Kabupaten Kampar selama ini guna turut mengembangkan peternak yang membutuhkan modal dan bibit sapi.

“Sesuai proposal yang masuk kepada kami, maka hari ini hasil kerjasama dengan Pamkab Kampar kami wujudkan dengan menyerahkan 6 ekor sapi beserta dana pembangunan kan­dang kepada KUD Berkah,” sebut Sarimanza.

Selain merupakan wujud dukungan PTPN V bagi program Pemkab Kampar yakni RTMPE. “Kami menilai program ini sangat patut dicontoh oleh daerah-daerah lainnya,” tam­bah­nya lagi.
Ditempat yang sama, Kepala Desa Aur Sati yang juga Ketua Kelompok Tani Berkah, Abdul Razak menyambut gembira pemberian bantuan sapi ternak.

Jenis bibit yang diberikan sapi Bali yang keseluruhannya berkelamin betina. “Kami mengucapkan te­rimakasih yang mendalam kepada PTPN V. Semoga sapi ini dapat terus berkembang dan memberi manfaat bagi masyarakat kami,” katanya berharap.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Kampar Nurbit men­yebutkan bahwa PTPN V meru­pakan perusahaan percontohan yang telah menjalin kerjasama untuk pengembangan program RTMPE.
“Kami bangga sekali, PTPN V menyalurkan dana CSRnya. Semoga hal ini bisa ditiru oleh perusahaan yang lain,” pungkasnya.
(ant)

Close Ads X
Close Ads X