PT POS Gandeng 10 BUMN

Jakarta | Jurnal Asia
PT Pos Indonesia melakukan Penandatanganan MoU dan kerja sama dalam rangka Sinergi BUMN Membangun Negeri. Kerja sama ini dilakukan antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan PT Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo), PT Asuransi Jiwasraya, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bhanda Ghara Reksa, PT Garuda Indonesia Tbk, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI), PT Kereta Api Indonesia, PT LEN, PT Sarinah, dan PT Varuna Tirta Prakasya.

Penandatanganan ini dilakukan di Kantor Kementerian BUMN dan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno. Rini mengatakan tujuan dari sinergi antar BUMN ini adalah untuk memperbaiki sistem logistik sehingga biaya logistik dapat dikurangi.

“Sekarang yang kita ingin dorong itu bagaimana kita memperbaiki sistem logistik kita sekarang dengan MoU ini kita akan mencoba beberapa produk-produk dulu yang nantinya kita lihat sehingga mata rantai distribusi dapat dipotong, sehingga biaya distribusi jadi lebih murah,” ujar Rini, di kantornya, Kamis (11/2).

Alasan Rini memilih PT Pos Indonesia karena perusahaan pelat merah itu memiliki sistem logistik yang sudah baik dan memiliki jaringan di daerah-daerah sehingga dapat membantu BUMN lainnya agar bisa lebih berkembang.

“Jadi kan begini, Pos itu kan kuat di logistiknya, jadi sistemnya dalam distribusi itu kuat selain punya moda transportasinya mereka juga berada di mana-mana. Salah satu yang saya sangat senang ini umpamanya bekerja sama dengan BNI, salah satunya program untuk financial inclusion, BNI kan bank korporasi yang ke depannya bagaimana lebih bisa mempunyai customer base yang masyarakat luas itu memanfaatkan posisinya pos yang ada dimana-mana menggunakan titik-titik di mana Pos berada Bank BNI akan ikut di situ,” katanya.

“Jadi ini semua untuk bagaimana kita membuat logistik di indonesia ke depan lebih murah dengan sinergi BUMN, memanfaatkan moda transportasi yang dimiliki BUMN dalam hal ini KAI dan Garuda, dan sistem logistik yang sudah dibangun oleh PT Pos Indonesia,” kata Rini. (dtf)

Close Ads X
Close Ads X