Ratusan Buruh Unjuk Rasa ke Pelindo 1

Medan | Jurnal Asia
Ratusan buruh yang ter­gabung pada Serikat Buruh Se­jahtera Indonesia, Provinsi Su­matera Utara melakukan aksi unjuk rasa ke kantor PT Pelindo 1, Jalan Krakatau ujung, Medan, Rabu. Ketua Koordinator Wilayah Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), Provinsi Su­matera Utara, Nicholas dalam orasi­nya minta pada BUMN PT Pelindo 1 agar menyelesaikan permasalahan seluruh buruh ko­perasi Karpel Unit UPTK Belawan.

Kemudian, permasalahan kekurangan upah dan upah lembur yang terjadi dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. “Permasalahan mengenai BPJS Kesehatan, Ketenagakerjaan, upah berkala dan ketentuan jam kerja yang diberlakukan kepada buruh tersebut,” ujar Nicholas.

Dia menyebutkan, juga men­genai permasalahan pen­daftaran tenaga kerja di ins­tansi ketenagakerjaan, status hu­bungan Koperasi Karpel Unit UPTK Belawan dengan PT Pelindo 1. Selain itu, jelasnya, status hubungan Koperasi Karpel Unit UPTK Belawan dari sudut pandang hukum.

“Termasuk mengenai per­masalahan hak-hak normatif lainnya,” kata pimpinan aksi unjuk rasa tersebut. Sementara itu, Humas PT Pelindo 1, M Eriansyah me­nga­takan, pihaknya akan me­nyam­paikan permintaan dan keluhan para buruh kepada pimpinan.

“Saya akan melaporkan se­luruh­nya kepada atasan, apa yang telah dibacakan perwakilan buruh saat melakukan unjuk rasa ke Kantor PT Pelindo 1 ini,” ujar Eriansyah. Pemantauan di lokasi, aksi unjuk rasa buruh tersebut, berlangsung dalam keadaan damai, tertib, dan lancar, serta tidak ada keributan.Bahkan, aksi unjuk rasa itu, mendapat pengawalan dari ratusan personel kepolisian dan aparat keamanan terkait lainnya untuk menjaga hal-hal yang tidak diingini. (ant)

Close Ads X
Close Ads X