Diprakarsai Kopertis- Yaspendhar | Sejumlah PTS Sumut dengan UniMAP Adakan Pertemuan

Medan | Jurnal Asia
Kopertis Wilayah-I Sumut bersama Yayasan Pendidikan Harapan (Yaspendhar) Medan memprakarsai pertemuan sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumatera Utara dengan Universitas Malaysia Perlis (UniMAP) dan Universitas Ubudiyah Indonesia (UII) Aceh.

“Pada pertemuan itu dilakukan diskusi antar PTS terkait perkembangan perguruan tinggi masing-masing sebagai upaya menuju ke arah yang lebih baik,” kata Dian Armanto, Rabu (10/2).
Sejumlah PTS yang hadir pada pertemuan dan diskusi itu antara lain Universitas Pembangunan (Unpab), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Institut Teknologi Medan (ITM), Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), IT&B Campus dan LP3 Unggul Potensi Utama.

Dian Armanto menyebutkan pertemuan itu penting bagi PTS di Sumut dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM), mengingat daya saing dan kompetisi yang sangat kompetitif, sehingga harus segera memperbaiki mutu institusi dan bisa lebih maju nantinya.

Dijelaskannya, sejumlah PTS di Sumut melakukan memory of understanding (MoU). Namun yang perlu dipastikan adalah setiap PTS itu punya akreditasi terbaik.  “Silahkan bekerjasama dengan memilih salah satu perguruan tinggi yang terbaik, namun harus perhatikan akreditasi kedua lembaga,” kata Dian Armanto meraya menyebutkan kerjasama PTS Sumut dengan UniMAP merupakan upaya jalan perbaikan sekaligus peningkatan kualitas.

Menurut Dian, kualitas sumber daya manusia, manajemen, kegiatan mahasiswa, penelitian dan publikasi ilmiah sangat penting sebab itu berkaitan dengan peringkat PTS sesuai dengan ketentuan dari Dikti.

Dian melihat banyak hal yang yang bisa ditiru PTS di Sumut dari UniMAP untuk dijadikan pedoman dalam pengembangan dan peningkatan kualitas.Sementara itu Ketua Harian Yayasan Pendidihan Harapan (Yaspendhar) Medan Dr Tapi Rondang Ni Bulan SE MSi menyebutkan, dengan diskusi tersebut mereka mendapat masukan dan kiat agar perguruan tinggi masing-masing dapat lebih maju.
Rondang menyebutkan, pertemuan yang diprakarsai Yaspendhar bersama Kopertis Wilayah-I Sumut itu merupakan inisiasi yang baik untuk menuju arah yang baik. 

Kegiatan diskusi tersebut dari pihak UniMAP dimotori Rektor  Brigadir General Datuk Prof Emeritus Dr Kamarudin Husin, Chairman of Ubudiyah Foundation-Indonesia Dedi Zefrizal ST, Rektor UUI Banda Aceh Prof Adjunciati SE MKes, dosen UniMAP Prof Dr Zulkarnain dan para rektor PTS hadir.
 (swisma)

Close Ads X
Close Ads X