Tongariodjo Angkasa Ginting Terima Audiensi IKA-FAPERTA UHN | Alumni Berperan Dalam Pengembangan Almamater

5

4

3
Medan | Jurnal Asia
Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas HKBP Nommensen (IKA-UHN) Tongariodjo Angkasa Ginting SE MBA MM MSc menerima audiensi panitia pelaksana pelantikan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen (IKA-FAPERTA UHN) di Thong’s Bakery & Cafe Jalan Letjen S Parman Medan, Selasa (2/2).

Pada audiensi tersebut Tongariodjo didampingi Ketua Ha­rian IKA-UHN Hasiholan Sida­butar SE MA, Sekjen Turunan Gulo SP MSP, Bendahara Andriana Sitanggang dan staf Judika Atma Togi Manik. Sedangkan panitia pelaksana pelantikan pengurus IKA-FAPERTA UHN terdiri dari Ketua Panitia Hiras Rizky Na­pitupulu, Sekretaris Jhosephine Sitompul serta Dekan Fakultas Pertanian UHN Drs Samse Pan­diangan MSc PhD.

Dalam audiensi, Hiras me­nyebutkan pelantikan pengurus IKA-FAPERTA UHN akan digelar Sabtu (6/2) mendatang di Porlak UHN Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan yang diper­kirakan akan dihadiri sekira 200 undangan. Kegiatan tersebut di­rangkai dengan reuni yang akan dihadiri Ketua Umum IKA-UHN sekaligus melantik kepengurusan IKA-FAPERTA UHN. Acara ini juga diharapkan akan dihadiri Rektor UHN Dr Ir Sa­bam Malau, para dekan dan ma­hasiswa Fakultas Pertanian UHN.

Diakui Hiras, sejak Fakultas Pertanian UHN berdiri pada 1984 lalu, sampai saat ini belum ada kepengurusan alumni secara resmi, melainkan secara intern. Dengan pembentukan ikatan alumni ini, lanjutnya, diharapkan segera dilakukan pengukuhan/pelantikan untuk bergabung di organisasi induk IKA-UHN.

Ketua Umum IKA UHN To­ngariodjo Angkasa mengatakan, sangat mengapresiasi pem­ben­tukan IKA-FAPERTA UHN untuk bergabung dengan IKA-UHN bersama IKA Fakultas Eko­nomi dan IKA Fakultas Hukum yang telah terbentuk beberapa tahun sebelumnya.

“Saya harapkan dengan diku­kuhkannya kepengurusan IKA Fakultas Pertanian tersebut bisa menjadi contoh bagi fakultas lain untuk bersama di ikatan alumni induk,” kata Tongariodjo.
Menurutnya jika makin banyak alumni maka makin banyak kesempatan alumni untuk menjadi rektor UHN ke depannya. Untuk itu sebagai Ketua Umum IKA-UHN dan bersama pengurus lainnya akan terus memperjuangkan kesempatan alumni menjabat tam­puk kepemimpinan di uni­versitas tersebut.

Disebutkan Tongariodjo, alumni berperan dalam pengem­bangan almamater dan bisa berkontribusi untuk memajukan universitas. Solidaritas kerja­sama almamater dengan alumni sangat berpotensi meningkatkan setiap potensi yang ada un­tuk pencapaian ‘UHN Goes Inter­nasional’.

Pada pertemuan itu To­nga­riodjo juga menantang kepe­ngurusan IKA-FAPERTA UHN nan­tinya untuk melakukan program kerja baik untuk almameter, organisasi maupun mahasiswa. Menurut Tongariodjo, dia memberikan kesempatan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian UHN untuk melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di beberapa lahan miliknya, seperti di Lubuk­pakam yang memiliki lahan sawah dan jagung. Demikian juga di Berastagi dengan lahan hortikultura yang ditanami cabai, kentang, kol, tomat dan sawi serta lahan di Merek, Karo.

Diakui Tongariodjo, praktek kerja lapangan itu memiliki manfaat yang sangat besar bagi mahasiswa. Jadi jika mereka menyelesaikan kuliahnya, sudah memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan lebih luas tentang bercocok tanam.

“Untuk itu saya minta peran IKA-FAPERTA UHN untuk meng­kordinasikannya bagi mahasiswa yang akan mela­kukan program praktek kerja la­pangan,” kata Tongariodjo yang menyatakan kesiapannya un­tuk hadir se­kaligus melantik ke­pe­ngurusan ikatan alumni tersebut.

Dengan demikian keberadaan IKA-FAPERTA UHN, kata To­nga­riodjo, tidak hanya sekadar terbentuknya kepengurusan tapi memiliki program kerja yang bisa bermanfaat bagi fakultas, universitas dan terutama kepada para mahasiswa itu sendiri.

Sementara itu Sekretaris Jen­deral IKA-UHN Turunan Gulo SP MSP mengatakan, sesuai dengan AD/ART universitas, dengan ter­bentuknya kepengurusan ikatan alumni fakutas, maka akan diterbitkan surat keputusan (SK) kepengurusan. Turunan Gulo juga berharap agar IKA-FAPERTA UHN memiliki struktur kepengurusan dan program kerja demi kemajuan almamater.

Sedangkan Dekan Fakultas Per­tanian UHN Drs Samse Pandiangan MSc PhD menilai kebe­radaan alumni bisa mem­berikan manfaat bagi universitas maupun fakultas, seperti pening­katan akreditasi.
“Saya berharap dengan terbentuknya ikatan alumni ini, maka akreditasi program studi pada Fakultas Pertanian UHN yang saat ini B bisa ditingkatkan menjadi akareditasi A,” katanya.

Sebagaimana diketahui, ika­tan alumni bagi suatu per­guruan tinggi sangat penting. Namun tidak semua perguruan tinggi mau mengupayakan dan meng­optimalkan keberadaan ikatan alumni. Masih banyak setingkat fa­kultas, universitas atau alumni sen­diri yang tidak pe­duli terhadap eksistensi ikatan alumni.

Di era kini ikata alum­ni tidak hanya pen­ting dalam mewujudkan visi dan misi suatu perguruan ting­gi, khususnya dalam ke­giatan akreditasi perguruan tinggi. Tapi lebih dari itu, ikatan alumni dapat menjadi ujung tom­bak dalam meningkatkan re­putasi perguruan tinggi di mata masyarakat.
(swisma)

Close Ads X
Close Ads X