Prof Runtung Sitepu Dilantik sebagai Rektor USU | Universitas Jangan jadi “Menara Gading”

1

2
Medan | Jurnal Asia
Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2016-2021. Pelantikan tersebut dilakukan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU, Prof Todung Mulya Lubis di gedung Auditorium USU, Kamis (28/1).

Prof Todung Mulya Lubis dalam arahannya meminta agar di bawah kepemimpinan Prof Runtung Site­pu, USU mampu melakukan lom­patan-lompatan besar untuk me­ngejar ketertinggalan selama ini.
Todung berharap paling lam­bat dalam 5 tahun ke depan USU sudah kembali ke posisi sebagai universitas terkemuka bersama UI, UGM, Unair, ITB dan IPB. Karena itu di samping maju seca­ra aka­demis, juga harus mem­ba­ngun integritas akademik, tata kelola dan finansial.

“USU jangan jadi ‘menara gading’ atau ivory tower, terasing dari lingkungan dan rakyat. Fung­si pengabdian masyarakat dalam Tri Dharma perguruan tinggi ada­­lah merontokkan tembok-tem­bok menara gading dan bisa menyatu dengan masyarakat,” tegas Todung.

Dia mengingatkan bahwa uni­versitas itu sebuah rumah pen­didikan bagi semua. Tantangan USU ke depan adalah memperluas akses terhadap pendidikan ter­masuk mensubsidi mereka yang tak punya dana untuk masuk uni­versitas.

“Jangan menjadikan uni­ver­­sitas sebagai bisnis, mem­per­dagangkan uang masuk dan kelu­lusan. Saya tak akan diam kalau USU dijadikan bancakan oleh orang-orang yang tak ber­tang­gungjawab,” tegas Todung.

Pada pelantikan rektor USU itu dihadiri Plt Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI Prof Intan Ahmad PhD, tokoh masyarakat yang juga Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Su­mut Tongariodjo Angkasa SE MBA MM MSc, pejabat militer dan sipil, sejumlah kepala daerah dan undangan lainnya.

Menurut Todung, tugas rektor adalah membangun spirit keber­sa­maan, jadi usahakan agar rak­yat, pengusaha dan pejabat me­rasa memiliki USU. Terpenting lagi bangunkan kebanggaan mereka akan USU. Karena itu tar­get untuk masuk dalam kelom­­­­pok universitas terkemuka dengan akreditasi terbaik adalah prasyarat absolut.

“Kepada Rektor USU Prof Run­tung Sitepu saya ucapkan se­la­mat bertugas dan selamat mem­bangun kultur masyarakat akademis yang transparan, cerdas dan akuntabel. Di pundak saudara USU berada, dan dia bisa sukses atau jatuh. Rektorlah yang paling bertanggung jawab,” tegasnya.

Kepada Plt Rektor USU Prof Sublihar, Todung menyampaikan terima kasih atas semua kerja keras dan jasa-jasanya. Demikian juga bagi semua warga civitas aca­demica USU diharapkan ke­kom­pakan dan kebersamaan dalam melangkah ke depan.

Plt Gubsu dalam sambutannya me­ngatakan USU harus lebih bangkit lagi sehingga kebera­daannya tidak sekedar menjadi menara gading yang hanya indah dipandang, melainkan berfungsi sebagai wahana air yang siap memberikan wahana bermanfaat bagi masyarakat.

Senada dikatakan Plt Gub­su Ir H Tengku Erry Nuradi MSi. Me­­­­nu­­­­rutnya USU harus le­bih bang­­­kit lagi, sehingga kebera­da­annya ti­dak sekedar menjadi me­nara ga­­ding yang hanya indah dipan­­dang, melainkan berfungsi se­ba­gai wa­hana air yang siap mem­be­ri­kan wahana bermanfaat bagi ma­syarakat.

Karena perguruan tinggi tidak hanya dituntut canggih dalam bidang pendidikan, melainkan juga harus mengembangkan inovasi penelitan dan pengabdian ma­syarakat, sebagaimana ama­nah Tri Dharma perguruan tinggi.

Sementara itu Prof Runtung Sitepu mengatakan, program ker­ja yang dilakukan untuk bangun USU diawali diskusi dari masing-masing prodi dan dekan untuk mendengar kebutuhan setiap fakultas.
Disebutkan Runtung, pihaknya akan membentuk tim akreditasi dengan melibatkan seluruh dosen yang menjadi asesor di Badan Akreditasi Nasional yang bertugas mengevaluasi setiap prodi agar ada peningkatakan akreditasi dari B jadi A, sehingga akreditasi prodi secara keseluruhan bisa meningkat di USU.

Menanggapi arahan ketua MWA agar USU tidak jadi “menara gading, pria yang baru saja dilan­tik ini memastikan bahwa hal itu tidak akan terjadi di USU. Dia meyakini kehadiran USU bisa menyatu dengan masyarakat dan tidak hanya menjadi pencetak lulusan mahasiswa, tetapi juga peduli dengan dengan ke­butuhan masyarakat sesuai de­ngan Tri Dharma perguruan tinggi.
Pelantikan rektor USU itu di­akhiri dengan pemberian ucapan se­lamat kepada Prof Runtung Site­pu dan Plt Rektor USU Prof Sublihar beserta keluarga oleh ratusan tamu undangan.
(swisma)

Close Ads X
Close Ads X