Maybank Indonesia Jadi Penyalur KUR untuk TKI

Jakarta | Jurnal Asia
PT Bank Maybank Indonesia Tbk menjadi salah satu bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Tenaga Kerja In­donesia (TKI). Penunjukan ter­sebut sesuai Keputusan Menko Bidang Perekonomian Nomor 188 Ta­­­hun 2015 Tanggal 30 Oktober 2015, tentang Penetapan Pen­yalur KUR dan Perusahaan Pen­jamin KUR.

Maka dari itu, Maybank In­donesia menandatangani Per­janjian Kerjasama Pembiayaan Kuasa Penggunaan Anggaran (KPA) dengan Pemerintah Re­­­publik Indonesia melalui Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam bidang Pembiayaan Skema Subsidi Bunga Kredit Usaha Rakyat.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pembiayaan dilakukan De­­­puti Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha dan Head Braman Setyo, Mic­ro Banking Maybank In­do­nesia Lian Sorimuda Na­sution, dan Head Financial Supply Chain Management May­­­bank Indonesia, Dewi K. Prod­johartono bersama dengan perwakilan tiga bank pelaksana KUR lain, dengan disaksikan Menteri Negara Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngu­rah Puspayoga dan Kepala Ba­dan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja In­donesia (BNP2TKI), Nusron Wahid, di Kantor Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Ja­karta.

“Kami menyampaikan apre­siasi dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah RI atas penunjukan sebagai Bank Pelaksana KUR bagi TKI. Telah menjadi komitmen kami untuk mendukung TKI di luar negeri selaras dengan misi humanising financial services, untuk menjadi bagian dan tum­buh bersama-sama dengan komunitas, termasuk komunitas TKI,” kata Dewi dalam siaran pers, Senin (30/11).

Menurut Dewi, dalam pelak­sanaannya Maybank Indonesia akan bersinergi dengan Grup May­bank terutama dengan me­ngoptimalkan platform regional yang dimiliki Grup Maybank, yang memiliki kekuatan jaringan di beberapa pasar utama (key market), termasuk di Malaysia dan Singapura juga di negara lain seperti Hong Kong dan Brunei Darussalam, di mana banyak TKI bekerja di negara-negara tersebut.

Di Maybank Indonesia, pen­yaluran KUR TKI termasuk dalam penyaluran kredit mikro di bawah Perbankan Bisnis (Business Banking). Maybank Indonesia terus mencatat perkembangan yang positif dalam Perbankan Bisnis seperti tercermin dari pertumbuhan 11,2% pada kredit Komersial dari Rp 22,6 triliun per September 2014 menjadi Rp 25,1 triliun per September 2015.

Begitu juga pertumbuhan 11,2% pada portofolio UKM dari Rp15,6 triliun per September 2014 menjadi Rp17,4 triliun per September tahun ini. Produk pembiayaan mikro yang khas “PIJAR” (PIlihan Bijak Mitra Usaha) mencatat peningkatan kredit mikro 62,7% dibandingkan tahun lalu, untuk mencapai Rp 1,2 triliun.
(dtf)

Close Ads X
Close Ads X