Ekonomi Melambat, Kinerja CIMB Niaga Merosot

Jakarta | Jurnal Asia
PT Bank CIMB Niaga Tbk berharap kondisi pere­ko­no­mian Indonesia akan m­e­m­baik. Presiden Direktur Bank CIMB Niaga Tigor M. Sia­haan mengatakan kondisi pere­ko­­nomian baik global mau­pun Indonesia saat ini tengah me­lam­bat.

“Tahun ini memang agak slow dan dari segi pemerintah mela­kukan kebijakan paket eko­nomi untuk merangsang dan memberikan stimulus namanya demand dari segi growth tentu kita tau tidak bisa langsung secara drastis langsung naik, ada tahapannya,” ujarnya di Jakarta, Senin (31/11).

Tigor mengakui bahwa ki­nerja perseroan mengalami penurunan. Untuk diketahui, pada kuartal III/2015 laba bersih CIMB Niaga mengalami penurunan 89,96% dari Rp2,37 triliun di periode yang sama tahun lalu menjadi Rp238,45 miliar untuk perolehan laba bank only (unaudited).

Fungsi intermediasi perseroan, lanjut Tigor, secara konsolidasi mencatatkan pertumbuhan 10% hingga 11% sampai akhir tahun. “Kita tidak memaksa nasabah kita untuk menambah loan gro­wth karena demandnya ma­sihnya sedikit,” katanya.

Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) bank mencapai 3,2% untuk gross per September 2015 dan cadangan kerugiaan penurunan nilai (CKPN) mencapai 120%. “Laba turun karena pen­cad­angan provisi kredit bermasalah. (bc)

Close Ads X
Close Ads X