PLN Sosialisasikan Insentif Bagi Pelanggan Industri

Bandung | Jurnal Asia
PLN Distribusi Jabar Banten (DJBB) mendorong pelanggan ind­ustri skala menengah dan besar untuk memanfaatkan in­sentif berupa diskon 30 per­sen dalam meningkatkan produktivitasnya.
“Dengan insentif berupa diskon 30 persen ke depan bisa memberikan gairah bagi pelanggan industri menengah dan besar untuk meningkatkan produktivitasnya,” kata Manajer Niaga dqn Pelayanan PT PLN Distribusi Jawa Barat Banten (DJBB), Rahimuddin di Bandung, Jumat (27/11).

Sebagai salah satu unsur penting penggerak ekonomi, pemerintah terus melakukan ber­bagai upaya untuk meningkatkan pro­duktivitas dan daya saing industri nasional. Pemerintah menerbitkan ke­bi­ja­kan ekonomi yang tertuang dalam Paket Ekonomi pada 6 Ok­tober 2014. Dalam paket itu, pe­merintah menyatakan adanya sejumlah insentif bagi kalangan industri, yang satu di antaranya, insentif energi listrik. “Berdasarkan kebijakan itu PLN memberi insentif berupa diskon 30 persen bagi pelanggan industri skala menengah dan besar,” katanya.

Tujuannya sebagai upaya untuk meningkatkan pro­duktivitas industri. Jabar ter­masuk salah satu kantong in­dustri di Indonesia sehingga dam­paknya akan sangat sig­nifikan bagi produktifitas industri di kawasan itu.

Ia berharap para pelaku in­dustri di Jabar memanfaatkan prog­ram yang berlangsung hi­ngga akhir Oktober 2018 tersebut se­hingga produktivitasnya ter­jaga, bahkan meningkat. “Sejauh ini cukup banyak in­dustri di Jabar yang berminat me­manfaatkan program itu,” katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan jum­lah pelanggan PT PLN DJB dari kalangan industri jauh lebih kecil daripada kalangan rumah tangga. Namun dari sisi pe­nggunaan listrik jumlahnya cu­kup besar. Total pelanggan di Jabar hingga Oktober 2015 se­kitar 11,7 juta.

Rahimuddin menyebutkan jum­lah pelanggan industri hingga Ok­tober tahun ini, sekitar empat ribu pelanggan. Meski demikian kalangan in­dustri merupakan berkontribusi be­sar dalam hal pendapatan. “Kon­tribusinya lebih dari 50 pe­r­sen dari total pendapatan,” katanya menambahkan. (ant)

Close Ads X
Close Ads X