OJK: Kalkulator Finansial Bantu Literasi Keuangan

Jakarta | Jurnal Asia
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai peluncuruan kalkulator finansial dapat membantu mem­perbaiki tingkat penetrasi layanan keuangan. “Kalkulator finansial akan membantu OJK dalam melak­sanakan literasi keuangan un­tuk segala tingkatan, dari siswa, mahasiswa, pensiunan pelaku UMKM dan sebagainya,” ujar Dewan Komisioner OJK Kusumaningtuti Soetiono, saat ditemui di Midtown, Jakarta Selatan, Kamis (26/11).

Menurutnya kalkulator finan­sial milik oleh PT Commonwealth Life ini merupakan sebuah inisiatif yang sangat bermanfaat untuk me­ngedukasi dan membantu masyarakat dalam melakukan perencanaan keuangannya. Ka­rena pada umumnya orang awam ti­dak paham ba­gaimana harus memulai dan mengkalkulasikan anggaran.

Kusumaningtuti atau yang kerap disapa Tuti, menam­bahkan, berdasarkan hasil riset global, negara dengan populasi yang mayoritasnya dapat me­ningkatkan literasi keuangan akan mendorong pertumbuhan ekonomi serta dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Adapun untuk mewujudkan upaya tersebut, OJK telah me­lun­curkan buku jasa keua­ngan dan alat peraga untuk ting­kat SD. Kemudian OJK telah memperkenalkan budaya mena­bung kepada anak sekolah dalam sebagai bagian dari program simpanan pelajar (simpel).

“Sasarannya semua pelajar seluruh Indonesia, dipraktekan untuk mengenal uang secara dini sejak kecil. Ngerti hemat, cermat, serta disipilin serta bisa merencakan keuangan,” ungkapnya. (mtv)

Close Ads X
Close Ads X