Delegasi Nommensen Goes International Kunjungi PT di Thailand

FOTO BESAR
Medan | Jurnal Asia
Program Universitas HKBP Nommensen (UHN) goes international bergema. Salah satu bentuk aksi nyata saat delegasi UHN mengunjungi beberapa perguruan tinggi ternama di Thailand seperti Payap University dan Mae Fah Luang University di Chiang Mai.

Koordinator Humas UHN, Jonson Rajagukguk SSos, SE, MAP di kampus tersebut, Kamis (22/10) menyebutkan 20 delegasi UHN tersebut terdiri dari Dekan Dra Rotua Elfrida MHum, WD 1 Dr Sondang Manik MHum, Ka Prodi Sastra Inggris Immanuel Prasetya Gintings SS, MHum, Ketua Pusat Budaya Batak Manguji Nababan SS, Pdt Richard Aruan sebagai mediator dan 13 mahasiswa pasca sarjana.
Delegasi prodi sastra Inggris disambut Direktur bidang Internasional Payap University Ms. Malee, Dean Dr. Somboon, Head of International Program Mr. Arthur, Dr. Pearl Head of TESOL program and Dr Christine dosen TESOL Program.

Dalam kunjungan itu delegasi dibawa untuk pengenalan kampus dengan mengadakan campus tour. Ms. Malee memperkenalkan kampus Payap termasuk meninjau perpustakaan utama universitas tersebut.

Team Payap University menyampaikan presentasi budaya Thailand. Sedangkan delegasi prodi Sastra Inggris Nommensen menyampaikan presentasi Budaya Batak dan diakhiri dengan tarian tortor serta ditutup dengan manor-tor bersama. Pada pertemuan culture night ini diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada Ms. Malee perwakilan Payap University.

Dalam kunjungan itu juga dilakukan seminar internasional bersama Program Master Linguistics dari Payap University. Menampilkan pembicara utama dari Payap oleh Head of International Program Mr. Arthur dan Immanuel Prasetya Gintings, SS, MHum dan Dr.Sondang Manik dari Prodi Sastra Inggris UHN diikuti dengan presentasi panel oleh empat mahasiswa Pasca Sarjana UHN dan 2 mahasiswa Pasca Payap University.

Kunjungan juga dilakukan pembahasan dan kesepakatan dengan pihak Payap University tentang kerjasama di bidang publikasi ilmiah, dimana pihak Payap University bersedia bekerjasama dalam penulisan dan penerbitan jurnal ilmiah mereka dan penulisan karya ilmiah tentang linguistik dan budaya di jurnal Payap maupun di jurnal UHN.

Kemudian kerjasama di bidang sumber daya manusia, dimana Payap University bersedia mengirimkan dosen tamu untuk bidang TESOL, Linguistik, dan bahasa/budaya Thailand ke FBS UHN. Selain itu Payap University juga membuka kesempatan dosen UHN untuk menjadi dosen tamu di Payap University khususnya di bidang linguistik dan budaya, khususnya bahasa dan budaya lokal Sumatera Utara dan kerjasama penelitian, Prodi bahasa Inggris bersedia membantu mahasiswa dari Payap University yang akan mengadakan penelitian bahasa daerah di Sumatra.

Kerjasama di bidang kemahasiswaan meliputi pertama, Payap University akan menindaklanjuti kesempatan untuk melakukan pertukaran mahasiswa dari UHN ke Payap dan sebaliknya. Kedua, Payap University juga membuka kesempatan bagi mahasiswa UHN untuk mengikuti short course di Payap University.

Kerjasama ketiga Payap University juga memberikan hubungan kerjasama dengan beberapa sekolah di sekitar Chiang Mai untuk menerima lowongan pekerjaan sebagai guru bahasa Indonesia dari lulusan prodi Sastra Inggris UHN. Maupun mengajar Bahasa Inggris bagi anak-anak Thailand di desa dibantu dan bekerjasama dengan pendeta setempat.

Internasionalisi UHN ini juga berlanjut juga di Mae Fah Luang University dalam bentuk diskusi bersama dan diplomasi budaya Batak Toba oleh UHN yang langsung dipimpin oleh Dekan FBS dan diterima dengan sangat ramah oleh pimpinan Mae Fuh Luang University. (rel)

Close Ads X
Close Ads X