Pelatihan Kader BKB Tingkat Kabupaten Toba Samosir

Tobasa | Jurnal Asia
Mempersiapkan kualitas anak merupakan tanggung jawab semua pihak, baik melalui pem­binaan dan memberikan pen­didikan yang bermutu untuk me­ningkatkan Sumber Daya Ma­nusia (SDM) dan hal tersebut juga merupakan salah satu program Keluarga Berencana.

Dan untuk mewujudkannya, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir memberikan pelatihan dan pembekalan kepada Kader Bina Keluarga Balita (Kader BKB), sehingga kader tersebut terampil dan berwawasan keluarga sehat.

Pelatihan dan pembekalan Kader BKB melalui pelatihan tenaga pendamping Kader BKB dibuka Plh Bupati Tobasa yang diwakili Asisten Pemerintahan Robert Gono Hutajulu, di aula Kecamatan Tampahan, Rabu (7/10).

Dalam sambutan tertulis, Plh Bupati Toba Samosir meng­harapkan agar pelatihan ter­sebut, para kader dapat me­man­faatkannya untuk meningkatkan ke­mampuan dalam membina anak balita.
Karena menurut bupati, lang­kah tersebut merupakan antisi­pasi dini untuk menghindarkan anak dari berbagai aktivitas yang dapat mengancam masa depan anak.

Sebelumnya, Ketua TP. PKK Ka­bupaten Tobasa yang diwakili ibu Salomo Simanjuntak me­ngatakan agar para kader BKB dapat memberikan penyuluhan kepada orangtua balita yang tingkat kemampuannya berbeda-beda.“Keberadaan kader BKB juga sangat membantu program PKK, karena kegiatan BKB termasuk sa­lah satu program PKK pada Pok­ja II dalam struktur organi­sasi TP. PKK,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan PPAKB, dr Pontas Batubara menyebutkan, tujuan pelatihan tenaga pendamping Kelompok Kader Bina Keluarga Balita untuk menyiapkan dan mencetak kader BKB yang te­ram­pil, berwawasan ke­luar­ga se­hat dan mampu ber­pe­ran mem­berikan informasi, me­nga­jak, sekaligus membina ke­luarga dan masyarakat sasaran BKB.

Pelatihan Tenaga Pendamping Kelompok Kader Bina Keluarga Balita di Kabupaten Tobasa Tahun 2015 dijadwalkan akan dilaksanakan pada 10 kecamatan mulai 7 hingga 22 Oktober 2015, dengan lama pelatihan satu hari pada setiap kecamatan yaitu, Kecamatan Tampahan, Nassau, Sigumpar, Lumban Julu, Porsea, Balige, Siantar Narumonda, Bonatua Lunasi, Parmaksian dan Kecamatan Pintu Pohan Meranti.
(amir)

Close Ads X
Close Ads X