IFAD Serukan Investasi bagi Petani Kecil

Jakarta| Jurnal Asia
The International Fund for Agricultural Development (IFAD) menyoroti pentingnya investasi untuk petani kecil dalam forum The 17th Russian Agricultural Exhibition and Agrobusiness Forum yang digelar di Moskow, Rusia pekan depan.

Presiden IFAD Kanayo F Nwanze menyatakan forum ter­sebut akan menghadirkan para pemimpin Brazil, Rusia, India, Tiongkok dan Afrika Selatan (BRICS) dalam kerja sama di bidang pertanian. Oleh karena itu, IFAD menyatakan pentingnya investasi untuk para petani kecil.

Dia menuturkan jika semua orang menginginkan pertanian dapat memenuhi potensinya yakni memenuhi ketahanan pangan bagi si kaya dan miskin, maka yang harus dilakukan adalah upaya inklusi untuk petani kecil.

“Tapi kita tidak bisa mela­kukan itu sendiri, jalan ke depan adalah kemitraan, yang akan menjadi jantung dalam pertemuan nanti,” kata Nwanze dalam keterangan persnya, pekan ini.
Dia mengungkapkan BRICS telah membuat kontribusi men­dasar untuk keamanan pangan dunia, yakni mengangkat sekitar 209 juta perempuan dan laki-laki dari kerawanan pangan di dalam negara-negara tersebut. IFAD mencatat walaupun keuntungan pembangunan itu ada, tetapi masih ada sekitar 800 juta orang yang mengalami kelaparan di seluruh dunia.

Forum Pameran Pertanian tersebut akan digelar pada 8-11 Oktober dan menghadirkan sejumlah pejabat di sektor terkait, macam Menteri Pertanian Rusia Alexander N. Tkachev dan Katia Abreu, Menteri Pertanian, Peternakan dan Pasokan Pangan dari Brazil.
(bc)

Close Ads X
Close Ads X