Empat Rumah Disapu Lahar Dingin Gunung Sinabung

Tanah Karo | Jurnal Asia
Akibat derasnya aliran lahar dingin bercampur potongan kayu dan lumpur, empat unit rumah masing-masing milik Jusianta Ginting, Tulis Pandia, Karya Tarigan dan Epetrus Ginting hanyut terbawa arus, Minggu (4/10) sekitar pukul 18.00 WIB.

Selain menghanyutkan empat rumah warga tersebut, sejumlah rumah lainnya juga mengalami kerusakanyang cukup parah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena memang daerah tersebut masuk zona merah.

“Karena tingginya curah hujan belakangan ini, sehingga banjir lahar dingin turun menerjang empat unit rumah warga kaki gunung Sinabung. Tak ada korban jiwa dalam kejadian kemarin itu. Kami pun hanya mendapat informasi dari Sekdes,” ujar Kabid Darurat Logistik BPBD Karo, Natanail Perangin-angin kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (5/10).

Dikatakannya, warga desa sudah diungsikan beberapa waktu lalu di posko pengungsian sehingga tak ada korban jiwa. Meskipun begitu, dihimbau kepada warga agar tidak memasuki wilayah yang dilarang (kawasan zona merah). “Karena di musim panca roba ke musim hujan dikhawatirkan datangnya banjir lahar dingin. Bukan hanya air yang datang melainkan komponen lainnya seperti pohon dan batu besar yang dibawa air,” sebutnya. Saat ini pihak BPBD Karo sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani dan meminimalisir wilayah yang dilewati lahar dingin.
(hermon ginting)

Close Ads X
Close Ads X