Api Porkot Diarak Keliling Kota Medan | Porkot Barometer Ajang Pra PON

02 api porkot
Medan| Jurnal Asia
Plt Wali Kota Medan Syaiful Bahri Lubis didampingi Plt Ketua Umum KONI Medan Eddy H Sibarani melakukan penyulutan api Porkot Medan dalam prosesi di sumber api abadi di Jalan Karya Kasih, Pangkalan Mansyur Medan, Kamis (1/10).

Pada`kesempatan itu, Plt Wali Kota mengatakan, dirinya dan tentunya kita semua, berharap ke depan Porkot Medan bisa menjadi barometer ajang Pra PON, yang melahirkan atlet-atlet terbaik Kota Medan yang siap berlaga di ajang yang lebih tinggi lagi.

“Atlet Medan menjadi andalan Sumut dalam berbagai event Pra PON. Tercatat 70 persen dari atlet Sumut yang berlaga di Pra PON adalah atlet Medan dan ini harus menjadi semangat bagi kita semua karena pada hakekatnya, Kota Medan dari dahulunya memang merupakan Kota Atlet dan sekarang akan kita bangkitnya kembali,” ucap Syaiful Bahri.

Suasana pengambilan api berlangsung semarak, dihadiri para pelajar, komunitas klub sepeda motor dan juga fans klub PSMS yang kemudian ikut berkonvoi melintasi jalan-jalan utama di Kota Medan. Sementara saat konvoi, terlihat antusias masyarakat menyambut dan menyaksikan, apalagi atlet se­patu roda yang tergabung da­lam Medan Inline Skate ikut mengiringi perjalanan
Api Porkot yang menambah semarak suasana. Konvoi me­lintasi ruas jalan Jalan AH Nasution, Jamin Ginting, Ring Road, Helvetia, Jalan Veteran Marelan , Titi Papan, Yos Su­darso, Bilal, Willem Iskandar, Pasar Merah, Menteng, SM Raja dan finish di Stadion Teladan.

Plt Wali Kota Medan me­ngatakan, atas nama mas­yarakat Kota Medan, dia me­ngucapkan ke­banggaan yang sangat tinggi terhadap bangkitnya semangat olahraga di kota ini ditandai dengan seromoni pengambilan api Porkot Medan 2015.

“Sebagai mana sifat api yang menyala-nyala, kita semua ber­harap pembinaan olahraga Ko­ta Medan juga penuh dengan se­mangat. Saya menginginkan Por­kot ini menjadi ajang yang akan mengharumkan nama Kota Medan,” sebut Plt. Wali Kota Medan.

Dikatakan Plt Wali Kota, simbol api ini menjadi sebuah ritual yang selalu ada pada setiap event olahraga. Dengan menimbulkan olahraga dengan api, Insya Allah, para para atlet yang turun ambil bagian di Porkot ini terus bersemangat, bahkan hingga di luar ajang Porkot.

Sementara itu, Plt Ketua Umum KONI Medan Drs. Eddy H Sibarani mengatakan, pro­sesi kegiatan Porkot Medan 2015 telah dimulai dengan berlangsungnya penyulutan api Porkot Medan yang seterusnya dibawa berkeliling Kota Me­dan dan finish di Stadion Te­ladan, sebagai tempat acara pem­bukaan pada Sabtu (3/10).

Usai menyambut finish pe­serta arak-arakan Api Porkot di Stadion Teladan, Eddy Si­barani menyatakan, antusias mas­yarakat dalam menyambut konvoi dan arak-arakan dapat dimaklumi, karena ini baru pertama kali dilakukan dalam upaya mempromosikan Porkot Medan dan juga menggelorakan semangat olahraga di tengah-tengah masyarakat.

Di kesempatan ini, Eddy Sibarani mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan dan semua pihak yang terus men­dukung pembinaan atlet di daerah ini. “Terima kasih ju­ga kepada semua pihak yang men­dukung, seperti Pengcab, Koordinator KONI Kecamatan serta para sponsor,” ungkap Eddy Sibarani. Dikatakan, acara pembukaan Porkot Medan berlangsung Sabtu (3/10) sore mulai pukul 14.00 dilakukan langsung oleh Plt Wali Kota Medan. (bambang nl)

Close Ads X
Close Ads X