Begal Lumpuhkan Petugas Satlantas | Korban Tersungkur Ditendang Pelaku

Medan | Jurnal Asia
Pelaku kejahatan jalanan semakin nekat beraksi. Bahkan petugas kepolisian berseragam pun tak luput dari sasaran, Rabu (23/8) kemarin. Adalah Aiptu Udur, seorang personil Satlantas Polresta Medan, yang menjadi korban perampokan (begal), ketika melintasi Jalan Thamrin. Informasi dihimpun warta­wan, Jumat (28/8) sore, kejadian ini bermula saat korban melintas di kawasan Jalan Thamrin, dengan menaiki sepeda motor. Tanpa diduga, dirinya lalu di­pepet dua orang pria menaiki se­peda motor.

“Tas ransel yang dipakai ang­­gota ditarik, sehingga dia ter­­hempas jatuh,” kata salah se­orang sumber kepada war­tawan di kepolisian. Melihat korban jatuh, pelaku ke­­mudian terus berupaya me­narik tas yang disandang petu­gas kepolisian tersebut. Aksi perlawanan pun terjadi antara pelaku dengan korban. “Begitu melihat seragam polisi, pelaku kabur, gak sempat mem­­bawa barang barang,” ujar­nya.

Sementara, Kapolresta Medan Kom­bes Pol Mardiaz Kusin Dwi­ha­nanto, saat dikonfirmasi war­ta­wan mengatakan pihaknya te­lah menerima laporan kasus per­cobaan perampokan ini yang dialami personil Satlantas Polresta Medan.

“Pastinya kita sudah mem­bentuk tim, untuk memburu pelaku. Tentu saja ini bukan hanya korbannya polisi, siapa yang melakukan kejahatan ya kita buru,” kata Mardiaz kepada wartawan, Jumat sore.

Dijelaskannya, selama dua pekan terakhir pihaknya telah me­­ngamankan 25 tersangka ka­sus kejahatan jalanan, seperti pen­­curian dengan kekerasan (cu­ras), pencurian dengan pem­beratan (curat), dan pencurian se­­peda motor.

Terkait, semakin meng­ga­nasnya aksi bandit jalanan di kota Medan, yang bahkan petugas kepolisian menjadi korban ke­jahatan, Mardiaz mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak memakai perhiasan yang mencolok.

“Memakai sepeda motor yang standar dengan spion, bila ada yang mendekat bisa terlihat, serta jangan memakai perhiasan mencolok bila keluar rumah. Selain itu kita terus berupaya menekan aksi perampokan, dengan membentuk timsus anti begal,” tandas Mardiaz.
(bowo)

Close Ads X
Close Ads X