Indonesia-Malaysia Perkuat Kerja Sama Industri Hilir Sawit

Kuala Lumpur| Jurnal Asia
Indonesia dan Malaysia sepakat meningkatkan kerja sama di sektor industri hilir minyak kelapa sawit yang dinyatakan dalam pertemuan bilateral yang digelar di Kuala Lumpur, Kamis (27/8).
Dalam pertemuan tersebut kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama dalam menghadapi skenario ekonomi global serta dampaknya terhadap permintaan produk-produk minyak sawit dari negara-negara pengimpor utama.

Delegasi Indonesia dalam pertemuan tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Maritim dan Sumberdaya Rizal Ramli dan didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil. Delegasi Indonesia juga berkesempatan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak.

Sementara delegasi Malaysia dipimpin oleh Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Dato Sri Mustapa Mohamed, didampingi oleh Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas Datuk Amar Douglas Uggah Embas serta Menteri Pembangunan Wilayah Terpencil, Dato Sri Ismail Sabri.

Sebagai dua produsen utama minyak sawit dunia dengan pangsa pasar 85 persen, penting bagi kedua negara untuk bekerja sama memaksimalkan posisi tersebut. Dalam konteks ini, kedua negara sepakat menggali langkah-langkah manajemen pasok pada saat harga komoditas tersebut turun. Kedua negara juga sepakat bekerja sama memperbaiki persepsi masyarakat mengenai minyak sawit, termasuk kandungan nutrisi serta produksinya yang berkelanjutan. (ant)

Close Ads X
Close Ads X