Bhikkhu Sangha Lakukan Sakralisasi Buddha Puja | Vihara Sakyamuni Buddha Diresmikan

biku==HL
Medan | Jurnal Asia
Para Bhikkhu Sangha yang dipimpin langsung oleh Luangpor Art Avuddhapanno Mahathera dari Thailand, YM Bhikkhu Jinadhammo Mahathera (Phrakru Buddhadhamma Prakat) melaksanakan Sakralisasi Buddha Puja di Vihara Sakyamuni Buddha-Indonesia Theravada Buddhist Centre (ITBC) Sei Rampah, Minggu (23/8).

Dalam sejarah, ini pertama kali Serdang Bedagai didatangi lebih dari sepuluh bhikkhu. Dipimpin YM Bhikkhu Jina­dhammo, sakralisasi antara lain dilaksanakan oleh YM Bhik­khu Khemanando Thera (Phrakru Sangharak), YM Bhikkhu Thitavamso, YM Bhik­khu Candasilo, YM Bhikkhu Rata­napanno, YM Bhikkhu Dham­maguno, YM Bhikkhu Abhayaviro, YM Bhikkhu Dhirapunno, dan empat bhikkhu dari Thailand serta diikuti oleh seluruh umat Buddha di Sei Rampah. Pemberkatan dilakukan oleh YM Bhikkhu Jinadhammo Mahathera setelah para bhikkhu membacakan paritta Manggala (kebahagiaan/berkah).

Di hari yang sama berlangsung peresmian vihara Sakyamuni Buddha- Indonesia Theravada Buddhist Centre Sei Rampah yang telah ditandatangani oleh Bupati Serdang Bedagai Ir Soekirman, pada tanggal 2 Agustus 2015 yang lalu. Untuk tanggal 23 Agustus 2015 adalah perayaan resepsi peresmian vihara Sakyamuni Buddha.

Seremonial acara dimulai tepat pukul 09.00 WIB ditandai penam­pilan muda-mudi ITBC Medan dan VSB ITBC Sei Ram­pah. Sedangkan sambutan-sam­butan antara lain diberikan tokoh masyarakat Ir Soekirman, panitia pembangunan Hock Sun, Majelis Buddhayana Indonesia Sumut YM Bhikkhu Jinadhammo Mahathera sebagai sesepuh sangha, YM Bhikkhu Khemanando Thera selaku Kepala Vihara Dayaka Sabha Vihara Sakyamuni Buddha-ITBC Medan dan Sei Rampah. Perismian juga dihadiri 17 bhikkhu dari dalam dan luar negeri, Kapolsek, FKUB, Dandim dan tokoh masyarakat Sei Rampah.

Kemudian, dilakukan pena­naman pohon Bodhi oleh Luang­por Art, Eyang Jinadhammo ber­sama Kapolsek, Dandim dan didampingi oleh YM Bhikkhu Khemanando Thera. Setelah itu dilanjutkan pemotongan pita yang menandakan dires­mikan­nya sekaligus dibuka Vihara Sakyamuni Buddha Indonesia Theravada Buddhist Centre Sei Rampah.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pengobatan gratis dan bakti sosial oleh Dayaka Sabha Vihara Sakyamuni Buddha Indonesia Theravada Buddhist Centre Medan, yang dikoordinator langsung oleh Johan Ramli selaku Ketua Dayaka Sabha ITBC Medan dan diikuti 17 dokter baik dokter umum dan dokter gigi. Bakti sosial melayani 400 pasien baik orang tua, dewasa dan anak-anak dan dilanjutkan pembagian sembako kepada kaum dhuafa.

Dalam Kepengurusan Vihara Sakyamuni Buddha Sei Rampah juga telah dibentuk Dayaka Sabha dan Muda/I untuk membantu sangha dalam melayani dan berdedikasi dalam pembabaran agama Buddha. Ketua Dayaka dipercayakan kepada Sabha Hock Sun dan wakilnya Sugiarto, untuk muda-mudi diketuai oleh Gui Andy.

Vihara Sakyamuni Buddha Indonesia Theravada Buddhist Centre di bawah naungan Yayasan Buddha Vipassi Indonesia. Ucapan terimakasih diberikan kepada Medan Charity Group dan Bapak Hock Sun yang telah membangun fasilitas ini untuk umat Buddha di Sei Rampah. “Semoga jasa yang telah Anda perbuat dapat menciptakan kebahagiaan di masa ini dan yang akan datang,” kata perwakilan pengurus.
(netty-rel)

Close Ads X
Close Ads X