20 Persen Proyek Pembangunan Jalan Dilelang Agustus

Jakarta | Jurnal Asia
Bulan Agustus ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) targetkan sebagian paket proyek untuk tahun 2016 sudah dapat dilakukan. Untuk tahap awal, proyek yang sudah siap untuk dilakukan lelang tersebut adalah mengenai pembangunan jalan.

Sekretaris Jenderal Ke­menterian PU-Pera Taufik Widjoyono mengatakan, lelang yang akan dilakukan tersebut merupakan program dari Direktorat Jenderal Bina Marga. “Baru Bina Marga saja, mereka (Direktorat Jenderal) yang lebih siap. (Direktorat Jenderal) yang lain September,” kata Taufik, Senin (3/8).

Meski tidak merinci, Taufik bilang bila nilai kontrak proyek yang akan dilelang di Direktorat Jenderal Bina Marga jumlahnya sekitar 20% dari total paket yang dikerjakan di tahun 2016 dengan jumlah mencapai 5.000 paket proyek.

Proyek yang akan dilelang pada bulan Agustus tersebut adalah terkait dengan proyek pembangunan jalan. Namun, untuk ruas jalan apa saja yang sudah siap dilakukan pelelangan itu, Taufik masih belum dapat mengatakannya.

Sebagian besar, lelang yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kementerian PU-Pera akan dilakukan pada bulan September pasca pembacaan nota keuangan yang dilakukan oleh Presiden di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU-Pera Hediyanto mengatakan, pihaknya optimis pada bulan Agustus ini sudah ada sebagian proyek yang dilakukan lelang. Untuk jumlahnya paket proyek yang yang akan dilakukan lelang tersebut sekitar 500 paket. “Sekitar 500 paket yang akan dilakukan di Agustus,” kata Hediyanto.

Berdasarkan perhitungan indikatif, alokasi anggaran untuk Direktorat Jenderal Bina Marga tahun 2016 sebesar Rp 46 triliun. Dari jumlah tersebut, sekitar 80% tersalurkan untuk proyek pembangunan jalan nasional, sementara sisanya untuk pembangunan tol dan pembebasan tanah.

Hediyanto bilang, panjang jalan nasional yang akan dibangun atau diperbaiki untuk tahun 2016 mencapai 47.000 kilometer (km). Sementara, untuk proyek pembangunan jalan tol baru panjangnya mencapai 1.000 km.

Beberapa proyek jalan yang akan dibangun itu antara lain perbatasan di Papua, Maluku, Sulawesi, Pantura, pembangunan tol trans Sumatera serta tol trans Jawa. Targetnya, lelang dari proyek tersebut akan dilakukan pada Agustus mendatang. (kc)

Close Ads X
Close Ads X