Unimed Bertekad Hadapi Persaingan Regional ASEAN

Medan | Jurnal Asia
Universitas Negeri Medan (Unimed) bertekad semakin maju dan berkembang me­nembus persaingan regional dan internasional. Untuk itu para pimpinan dan civitas akademika harus bisa menjawab harapan masyarakat dalam menghadapi persaingan regional ASEAN. “Untuk memajukan Unimed, ada beberapa program penting yang harus dijalankan agar universitas ini mampu ber_kelas dunia,” ungkap Rektor Unimed, Prof Dr Syawal Gultom MPd saat melantik empat wakil rektor periode 2015-2019 di gedung Biro Rektor Unimed, Rabu (29/7).

Empat wakil rektor tersebut adalah Prof Dr Abdul Hamid MPd sebagai wakil rektor I, Dr Restu MS sebagai wakil rektor II, Prof Dr Sahat Siagian MPd sebagai wakil rektor III, dan Prof Dr Manihar Situmorang MSc Phd sebagai wakil rektor IV.

Menurut Syawal, beberapa prog­r­am penting yang harus di­jalankan itu antara lain, bagaimana meningkatkan re­levansi dan daya saing lulusan m­elalui penguatan implementasi kurikulum Perguruan Tinggi berbasis Kualifikasi KKNI.

Selain itu menerapkan standar mutu mata kuliah, meningkatkan jumlah kualitas penelitian, buku dan publikasi ilmiah. Melakukan pengembangan lulusan berstandar internasional. Delapan rintisan kelas internasional untuk beberapa program studi.

Syawal juga mengatakan perlunya mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan karya-karya inovatif serta produktif. Meningkatkan relevansi dan daya saing lulusan melalui penguatan implementasi kurikulum perguruan tinggi berbasis kualifikasi, menerapkan tes standar mata kuliah berbasis web dan model pendidikan pelatihan profesi.

Prof Syawal juga me­nga­manatkan kepada empat wakil rektor yang baru, siap menerima aspirasi dari setiap civitas akademika Unimed dan pihak luar. Rektor juga meminta para wakil rektor harus memberikan pelayanan terbaik sebagaimana harapan orangtua mahasiswa dan mahasiswa.

Tidak kalah penting, tamba­hnya, adalah mengelola data dan informasi serta ilmu pengetahuan. Selain itu juga perlu mengintegrasikan semua unit agar terpantau dengan baik untuk mencapai tujuan Unimed. Prof Syawal juga meng­ingatkan wakil rektor me­ningkatkan kinierja dengan pola koordinasi yang baik antara wakil rektor sesuai dengan bidangnya masing-masing.
(swisma)

Close Ads X
Close Ads X