Dolar Terus Naik, Industri Makin Prihatin

Jakarta | Jurnal Asia
Dalam menyongsong Ma­sya­rakat Ekonomi ASEAN (MEA), Badan Pengkajian dan Pene­­rapan Teknologi (BPPT) me­ngatakan bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang nyaris Rp 13.500 merupakan sebuah kondisi yang memprihatinkan. Apalagi Indonesia hingga kini masih bergantung dari barang impor untuk industri manufaktur.

Hal tersebut dikatakan oleh Deputi TIEM (Teknologi, Infor­masi, Energi, dan Material) Hammam Riza di Gedung BPPT 2, Jl.MH.Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (29/7). “Nilai tukar rupiah yang nyaris Rp 13.500 terhadap dolar AS merupakan sebuah kon­disi yang memprihatinkan. Apalagi Indonesia hingga kini ma­sih bergantung pada barang impor untuk industri manufaktur dengan biaya yang tinggi,” ujarnya.

“Maka dari itu, dampak ters­ebut berimbas langsung kepada industri otomotif yang merupakan salah satu pemasok dari kelompok industri manufaktur di mana total market kendaraan periode Januari hingga Mei menurun jadi 83% dibanding tahun lalu.”

Hammam menambahkan bahwa saat ini Indonesia meru­pakan negara pemasok karet alam terbesar ke-2 ke pasar dunia yang total produksinya mencapai 3,1 juta ton. Sehingga Indonesia berkontribusi pada devisa senilai US$ 4,7 miliar pada tahun 2014.

“Indonesia itu saat ini men­jadi negara pemasok karet alam terbesar ke-2 ke pasar dunia dengan total produksi karet alam sebesar 3,1 juta ton. Serta kontribusi devisanya senilai US$ 4,7 miliar di tahun 2014,” jelasnya.

Sehingga, Hammam me­ne­gaskan bahwa kondisi in­dus­tri manufaktur berbasis ma­terial karet tersebut belum menunjukkan tren positif yang menggembirakan. Indonesia saat ini masih diserbu oleh produk China apalagi setelah diberlakukannya zona dagang bebas China-ASEAN.

“Jadi saat ini kondisi dari industri manufaktur yang ber­basis material karet tersebut belum terlalu menggembirakan atau belum menunjukkan tren positif. Apalagi setelah diber­lakukannya zona dagang bebas China-ASEAN, barang-barang atau produk-produk China ma­kin menyerbu Indonesia,” tutupnya.
(dc)

Close Ads X
Close Ads X