Lebaran, Tiket Pesawat Penuh Sampai 28 Juli

Pekanbaru | Jurnal Asia
Sejumlah kantor biro per­jalanan di Kota Pekanbaru, Riau mengaku tiket pesawat sejumlah rute domestik masih penuh dipesan calon penumpang hingga 28 Juli 2015 menyusul masih terjadinya arus mudik Idul Fitri 1436 H di provinsi tersebut.

“Tiket pesawat domestik, untuk hari ini tidak ada sampai tanggal 28 Juli karena telah dipesan para calon penumpang di provinsi ini. Jadi, masih terjadi arus balik Lebaran meski kemarin puncaknya,” ujar karyawan Fiji Tour and Travel, Nita (25) di Pekanbaru, Senin (27/7).

Kondisi seperti itu, katanya, terjadi sejak Jumat lalu hingga Selasa pekan ini. Baik untuk rute domestik Pekanbaru-Ja­karta, Pekanbaru-Batam, Pe­kan­baru-Bandung, Pekanbaru-Yogyakarta, Pekanbaru-Surabaya dan Pekanbaru-Medan.

Menurut dia, para calon pe­num­pang pesawat dari provinsi itu diperkirakan secara umum menambah libur Lebaran tahun ini seperti mengajukan cuti dari pekerjaan, sehingga berakibat penumpang masih terlihat ramai di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

“Seperti Garuda rute Pe­kan­baru-Jakarta untuk ke­be­rangkatan 27 Juli sudah pe­nuh, akan tetapi tanggal 28 Juli masih tersisa beberapa kursi di kelas bisnis pada pesawat lepas landas jam 16.40 Wib dengan tiket dibuka diharga Rp3 juta lebih per orang,” katanya.

Rika (27), karyawan Shi­rotol Jannah Tour and Tra­vel mengungkapkan, untuk mas­ka­pai yang mengusung penerba­ngan murah Citilink rute Pekan­baru-Jakarta, Pekanbaru-Batam dan Pekanbaru-Surabaya sudah pe­nuh hingga 28 Juli 2015. “Se­dangkan tujuan Pe­kanb­aru-Yogyakarta juga sudah penuh sam­pai 29 Juli karena tercatat hanya Cilink yang me­layani rute pe­nerbangan ke kota pelajar,” katanya. Maskapai Lion Air rute Pe­kan­baru-Jakarta dan Pe­kan­baru-Batam sudah sudah penuh sam­pai 28 Juli, sedangkan rute Pekanbaru-Medan untuk tiket keberangkatan 27 Juli dibuka diharga relatif murah Rp633.000 per orang dan pada 28 Juli dibuka Rp567.000 per orang.

“Rute Pekanbaru-Medan dike­be­rangkatan pukul 14.25 Wib dibuka pada harga Rp567.000 dan pada jam 18.25 Wib diharga Rp406.400 per orang. Untuk ke Pekanbaru-Medan pergi-pulang hanya Lion Air yang melayani saat ini,” ucap Rika.

Berdasarkan data Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyebutkan ter­dapat 11 maskapai komersil yang menerbangi rute domestik dan internasional setiap hari seperti Batik Air, Indonesia AirAsia, Citilink, Lion Air, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Susi Air, Silk Air, AirAsia, Firefly dan Malindo Air. (ant)

Close Ads X
Close Ads X