Eldin-Akhyar Long March Daftar ke KPU Medan

Eldin daftar
Medan | Jurnal Asia
Sebanyak delapan gabungan partai politik (Parpol) pengusung pasangan bakal calon Walikota/Wakil Walikota Dzulmi Eldin dan Akhyar Nasution, melakukan Aksi jalan kaki (Long March) dari lokasi deklarasi (Lapangan Merdeka) menuju ke tempat pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kot Medan di Jalan Kejaksaan No.37 Kecamatan Medan Petisah, Senin (27/7).
Kegiatan deklarasi ke­se­pakatan kedelapan parpol pe­ngu­sung yang sempat mengulur waktu tersebut, akhirnya baru terlaksana pada pukul 13.59 WIB, setelah Ketua DPC PDIP Medan Hasyim SE bersama sekretaris Sastra dan Bendara Boydo Panjaitan hadir saat itu.

Selanjutnya, pernyataan de­klarasi kedua pasangan calon Drs HT Dzulmi Eldin S MSi dan Ir Akhyar Nasution MSi yang diusung oleh PDI Perjuangan, Golkar, PAN, Nasdem, PBB, PKPI dan PKS, selanjutnya pada pukul 14.45 WIB bergerak menuju KPU Medan.

Kehadiran pasangan Eldin-Akhyar, menjadi peserta pertama yang mendaftarkan dirinya se­bagai pasangan calon yang maju pada pemilihan kepala daerah (Pil­kada) Medan 9 Desember 2015. Sedangkan, pasangan Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma yang

diusung oleh tiga gabungan parpol yakni Gerindra, Demokrat dan Hanura tersebut tiba satu jam setelahnya. Sementara, dua parpol yak­ni PKB dan PPP masing-ma­sing belum memperlihatkan du­ku­ngannya karena PKB tidak memiliki kursi di DPRD Medan, se­mentara PPP masih berpolemik de­ngan dua kubu kepengurusan mereka.

Ketua KPU Medan, Yenni Khairiah Rambe mengatakan, proses pendaftaran masih akan berlangsung hingga besok (hari ini), Selasa (28/7) sesuai dengan jadwal tahapan. “Masih tetap dibuka hingga besok,” katanya.

Setelah masa pendaftaran, dikatakan Yenni, KPU Medan akan melakukan verifikasi ter­hadap data dan berkas seluruh pa­sangan calon yang sudah mendaftar tersebut. Masa ve­ri­fikasi akan berlangsung mulai 30 Juli-31 Juli 2015 bakal calon akan mengikuti pemeriksaan ke­se­hatan. Penelitian du­ku­ngan dan berkas mulai tang­gal 29 hingga 4 Agustus 2015.”Sekaligus tanggal 4 Agustus sudah diumumkan hasilnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Dzulmi El­din yang ditemui usai me­ram­pungkan pendaftaran me­nga­ku sa­ngat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para pengurus partai dalam me­ngu­sungnya sebagai bakal ca­lon walikota di Pilkada Medan 2015.”Saya sampaikan terima kasih, memberikan amanah kepada saya untuk maju kem­bali,” ujarnya.

Pernyataan senada juga di­sam­paikan bakal calon lainnya Ramadhan Pohan. Meski ber­status sebagai pendatang baru di Pilkada Medan, namun ia yakin mereka juga memiliki kans besar untuk memenangkan suara nantinya.”Kami diusung partai besar Demokrat dan Gerindra serta Hanura, kami akan berjuang memenangkan suara,”tegasnya.

Diketahui, Komisioner KPU Medan Divisi Teknis Pe­nyeleng­gara, Pandapotan Tamba dalam keterangannya terkait belum bisa diterimanya dukungan dari PPP, karena mereka belum mencapai kesepakatan untuk mengusung satu pasangan calon seperti halnya yang dilakukan oleh pengurus Golkar Medan. “Masing-masing kubu pe­ngurus PPP di Kota Medan baik kubu Romahurmuziy dan Djan Faridz belum mencapai ke­sepakatan,” katanya.

280 Polisi
Semnatar itu, pihak kepolisian menyiagakan 280 personel di kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Medan untuk mengaman­kan tahapan pencalonan pa­sa­ngan bakal calon wali kota. Di sela-sela pengamanan di kantor KPU Medan, Senin, Kapolsek Medan Baru Kompol Ronny Nicolas Sidabutar me­nga­takan, jumlah personel itu disiagakan selama tahapan pendaftaran dilakukan.
Personel yang dikerahkan tersebut terdiri dari Satuan Brimob Polda Sumut, Direktorat Sabhara Polda, Satuan Sabhara Polresta Medan, dan Polsek Medan Baru.

Pihaknya memegang kendali operasi untuk pengamanan di kantor KPU Kota Medan selama tahapan pendaftaran pasangan bakal calon. Pengerahan per­sonel sebanyak itu hanya di­la­kukan untuk mengamankan tahapan pendaftaran hingga pukul 16.30 WIB. “Kalau malam hari, kita ‘stand by’ personel untuk patroli,” katanya.

Jumlah personel yang dike­rah­kan tersebut untuk me­ngantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan banyaknya massa yang datang. “Karena setiap calon diperkirakan akan membawa pendukung,” ujar Kapolsek. Menurut catatan, KPU mem­buka tahapan pendaftaran ba­kal calon kepala daerah pada Ming­gu (26/7) hingga Selasa (28/7).
(mag-01/ant)

Close Ads X
Close Ads X