Sat Lantas Polres Langkat Tes Urine Supir Bus

Tes Urine
Langkat | Jurnal Asia
Polres Langkat melalui Sat Lantas Polres Langkat mengandeng Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan BNK Langkat melakukan pelayanan kesehatan sekaligus melakukan tes urine terhadap para supir bus lintas yang beroperasi disekitar terminal Pasar X Desa Baru Pasar VIII Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Senin (13/7).

Pelaksanaan kegiatan tersebut dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Langkat AKP M Ikhwan di­dam­pingi Kanit Reg Ident Iptu Eri­dal Fitria SH, Kaur Mintu Ipda Joko Su­peno Spdi, dari Dinas Perhubu­ngan diwakili Kabid Angkutan Darat Arsad Husain Siregar, Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat yang diwakili Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Ansyari, dan Kasi Rehabilitasi BNNK Langkat Nona Afrianti S Kep NS Mpd.

Berdasarkan pemeriksaan awal dari 10 supir yang dilakukan tes urine, dua orang diantaranya ter­iden­tifikasi dibawah pengaruh obat-obatan jenis Benzo, namun bu­kan tergolong jenis obat terlarang atau (narkotika), keduanya diketahui se­dang mengonsumsi obat hipertensi dan obat anti alergi.

Kendati demikian, Kasat Lantas Polres Langkat AKP Ikhwan meminta kepada supir tersebut agar tidak melakukan perjalanan terlebih dahulu, dan dianjurkan beristirahat hingga kondisinya kembali normal demi keselamatan serta kenyamanan dalam berkendaraan.

Bagi Brosur
Selain melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan, Satlantas Polres Langkat juga membagi-bagikan brosur panduan mudik operasi ketupat 2015, kepada para pengguna kendaraan terutama para supir kendaraan roda empat.

Kasat Lantas Polres Langkat AKP Ikhwan, usai kegiatan tersebut kepada wartawan mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan perintah pimpinan Polri demi ter­ciptanya situasi yang semakin kont­dusif terutama di jalan raya (Kam­seltibcar Lantas).

Kegiatan yang dilakukan me­ru­pa­kan kerjasama antara Sat Lantas ber­sama dengan Dinas Perhubu­­ngan, Dinas Kesehatan serta BNNK Lang­kat, terhadap para supir menje­lang lebaran guna mengantisipasi dari hal-hal yang tak diinginkan, dima­na para supir dilakukan pemerik­saan kesehatannya serta tes urine agar dalam melakukan perjalanan dapat berjalan lancar, tanpa ada kendala.

Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan ini, para pengguna jalan terutama supir bus dapat me­ning­katkan kesadaran serta me­ma­hami pentingnya keselamatan dalam perjalanan, hal tersebut merupakan tanggungjawab kita bersama.

Disinggung apabila didapati hasil tes urine yang dilakukan positif mengandung narkotika atau obat-obatan yang terlarang, Ikhwan menegaskan, terhadap supir yang terin­dikasi menggunakan obat-oba­tan terlarang maka akan diproses.

“Jika hasil tes urine terbukti positif meng­gunakan obat-obatan terla­rang, ki­ta akan bawa ke Polres Lang­kat untuk dilakukan tindak lanjut­nya dan kita akan koordinasikan juga ke pihak BNNK Langkat, apakah akan dilakukan rehabilitasi atau diberikan tindakan lainnya,” ujar Ikhwan.
(reza fahlevi)

Close Ads X
Close Ads X