Indonesia Raya Berkumandang di Silverstone Inggris

2015 GP2 Series Round 4.  Red Bull Ring, Spielberg, Austria.  Sunday 21 June 2015. Rio Haryanto (INA, Campos Racing) celebrates his win on the podium.
2015 GP2 Series Round 4.
Red Bull Ring, Spielberg, Austria.
Sunday 21 June 2015.
Rio Haryanto (INA, Campos Racing) celebrates his win on the podium.

Silverstone | Jurnal Asia
Rio Haryanto akhirnya berhasil mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di Sirkuit Silverstone Inggris. Ini menyusul kemenangan yang didapatnya pada sprint race GP2 Inggris 2015, Minggu (5/7) sore WIB.

Beruntung bagi Rio bisa mengawali balapan dari pole position, karena meraih posisi ke-8 usai Arthur Pic dan Jordan King terkena hukuman penalti. Pada sprint race GP2, memang menganut sistem start terbalik untuk pembalap yang menempati posisi delapan besar di feature race.

Pembalap Campos Racing langsung nyaman memimpin jalannya balapan dari lap-lap awal. Bahkan, dia sempat men­catat waktu putaran tercepat dengan 1 menit 42,636 detik kala baru melakukan dua putaran saja.

Dalam balapan yang tidak memakai pit stop dan berlang­sung sebanyak 21 laps ini, banyak terjadi beberapa kejutan. Seperti pembalap Alexander Rossi yang mendapat penalti pengurangan lima detik, karena melakukan pelanggaran saat akan melewati Alex Lynn.

Rio akhirnya berhasil memper­tahankan posisinya hingga balapan berakhir dengan catatan waktu 36 menit dan 27,949 detik dengan waktu terbaiknya 1 menit 40.659 detik. Ini menjadi kemenangan ke-3 Rio pada musim ini, setelah sebelumnya menang di GP Bahrain dan Austria.

Hasil ini juga kian memanas­kan persaingan di klasemen pembalap GP2 musim ini, de­ngan masih menyisakan lima seri lomba lagi. Rio saat ini me­nem­pati peringkat ketiga dengan 91 poin, dan Stoffel Vandoorne masih berada di puncak klasemen.

Secara keseluruhan pada lomba GP Inggris ini, Rio Haryanto mengoleksi 19 poin, dengan rincian 4 poin diraih pada Race 1 dan 15 poin di Sprint Race atau Race 2. Balapan seri berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Hungaria, 25-26 Juli mendatang.

Dalam balapan kali ini, Rio berhasil mencetak “light-to-flag win” pada balapan yang dise­leng­garakan selama 21 lap ini. Dia dengan catatan waktu 36 menit dan 27,949 detik dengan waktu terbaiknya 1 menit 40,659 detik.

Rio yang meraih pole position, berhasil memulai balapan dengan baik dan terus memimpin jalannya balapan. Bahkan, dia sempat mencatat waktu putaran tercepat dengan 1 menit 42,636 detik kala baru melakukan 2 putaran saja.

Hingga akhirnya, pembalap berusia 22 tahun ini keluar se­ba­gai pemenang dan menjaga ja­rak dengan Rafaelle Marciello (posisi 2) dan Pierre Gasly (3). Rio mengakui bila start yang baik menjadi kunci kemenangannya di seri ini.

“Di race 2 hari ini saya start dari pole position. Saya berusaha se­mak­simal mungkin untuk mendapatkan start yang baik, dan di sprint race tadi saya men­dapat start yang sangat baik. Setelah itu, di awal lomba saya juga berhasil menjauhi Marciello yang berada di posisi 2, dengan jarak sekitar 3 detik. Saya terus berusaha untuk menjaga jarak 3 detik tersebut dari dia,” kata Rio.

Ini menjadi kemenangan ke-3 Rio di musim ini, setelah sebelumnya juara di GP Bahrain dan GP Austria. Hasil cemerlang di seri ini membuat dia bertengger di peringkat 3 klasemen sementara dengan 91 poin. Hasil ini juga sekaligus menjaga asa Rio untuk mengakhiri musim sebagai juara.

Rio pun berterima kasih kepada tim dan para pendukungnya atas hasil ini, seraya berharap bisa mempertahankan hasil apik ini di seri-seri selanjutnya. Balapan selanjutnya akan berlangsung di Hungaria pada 24-26 Juli mendatang.

“Balapan berikutnya di Sirkuit Hungaroring, Budapest, memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan sirkuit Silverstone. Sirkuit di Budapest ini memiliki cukup banyak tiku­ngan lambat. Saya berharap dapat tampil maksimal kembali di ronde berikutnya,” tuturnya.
(vv-dc)

Close Ads X
Close Ads X