Berbagai Manfaat Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan hewan jenis cacing dengan ukuran panjang kira-kira maksimal 1 cm dengan diameter 0.5-1 mm. Hewan ini hidup secara alami di perairan yang kotor misalnya di got, comberan dan kolam-kolam pembuangan yang umumnya berair tenang dan nampak jernih.

Manfaat cacing sutra umumnya digunakan sebagai pakan ikan dalam proses pembibitan (untuk anak ikan yang baru netas), karena ukuran cacing sutra sangat pas untuk bukaan mulut anak ikan. Untuk budidaya cacing sutra sendiri tergolong susah, soalnya harus dikembangbiakan pada kolam dangkal dengan debit air yang harus terus bergerak continue.

Terlalu banyak untuk menyebutkan manfaat cacing sutera untuk pakan alami di usaha peternakan dan perikanan. Cacing Sutera banyak digunakan sebagai pakan alami yang bermutu tinggi, diantaranya untuk pakan budidaya pembesaran ikan air tawar, seperti pakan untuk budidaya belut, pakan alami bagi yang budidaya lele, pakan buat budidaya ikan cupang, pakan budidaya udang (lobster), pakan alami budidaya gurame, dan pakan-pakan budidaya pemijahan ikan-ikan air tawar lainnya.

Di bidang peternakan, tidak kalah manfaatnya, bahwa cacing sutera sangat bermanfaat untuk campuran pakan budidaya antara lain, campuran pakan alami untuk budidaya ayam petelur dan juga ayam pedaging, campuran pakan alami buat budidaya ayam kampung,campuran pakan buat pembudidaya ayam-ayam hias dan masih banyak hewan peliharaan yang membutuhkan nutrisi dari cacing sutera ini.

Selain itu, cacing sutera bisa juga diolah digabung jadi satu bersama pakan utama hewan peliharaan untuk menghasilkan suatu pakan yang bermutu tinggi yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha ternak budidaya baik perikanan atau peternakan. (int)

Close Ads X
Close Ads X