Industri Cat Lesu Jelang Lebaran

Jakarta | Jurnal Asia
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, industri cat diperkirakan tidak akan meraih untung dari momen Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Markus Winarto dari Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCI) mengatakan, biasanya penjualan cat mulai naik dua bulan menjelang Lebaran. Namun hingga kini, pasar tetap melanjutkan kelesuan yang sama dari awal tahun. “Ini sepertinya ada anomali, tidak seperti yang diharapkan. Mungkin karena pengaruh global, dari Januari memang turun terus,” ujarnya, kemarin.

Penurunan industri cat selama enam bulan pertama tercatat berkisar 10% hingga 20%. Meski demikian, Markus mengatakan tidak ada data pasti berapa nilai atau tonase penurunan dari keseluruhan penjualan nasional.

“Kami memang belum dapat laporan untuk datanya, tapi yang kami dengar dari anggota rata-rata penurunan memang berkisar 10%-20%,” katanya. Dia mengatakan terjadi pergeseran prioritas dengan adanya pelemahan ekonomi di dalam negeri. Hal ini membuat masyarakat mengutamakan kebutuhan primer ketimbang mengecat rumah yang merupakan kebutuhan tersier. “Lebaran kan Juli, berbarengan dengan anak masuk sekolah. Yang mem-block itu di sana,” ujarnya. (bc)

Close Ads X
Close Ads X