Pimpinan PTS Cek Ulang Ijazah Dosen

Menindaklanjuti sikap Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah ISumatera Utara yang siap memeriksa keaslian ijazah dosen PNS yang diperbantukan di PTS Sumut, mendapat dukungan dari sejumlah pimpinan universitas swasta di Medan.

Rektor UMA Prof Yakub Ma­ton­dang menyebutkan, pi­hak­­nya mendukung sikap dari Ko­pertis untuk mengecek ulang atau verifikasi ijazah dosen yang mengajar di universitas ini. “Saat rek­rutmen dosen, kita sejak awal sudah menseleksi ijazah mereka, baik dari alumni sendiri maupun do­sen dari luar, seperti UGM,” kata Yakub Matondang, Jumat (29/5).

Untuk mengantisipasi ija­zah tidak dipalsukan, kata Ma­tondang, UMA menggunakan blanko ijazah dengan kertas Pe­ruri. Bahkan bagi alumni yang hendak melegalisir, selain harus menyertai ijazah asli juga diberi tanda sil, berupa logo universitas.

Dukungan yang sama juga di­­sampaikan Rektor UMSU me­la­­lui Wakil Rektor I Mukhyar. Me­­­­nu­rutnya pengecekan ulang ijazah bagi dosen pada prin­sipnya untuk kredibilitas keabsahan ijazah.
“Jika memang ada ijazah do­sen yang kita curigai ber­ma­­salah, sekalipun dosen PNS yang diperbantukan di PTS, tetap akan dicek ulang, karena kita mendukung sikap Kopertis. Namun sampai saat inibelum ada petunjuk atau pemberitahuan dari pihak Kopertis maupun rektor,” kata Mukhyar.

Disebutkan Mukhyar, do­sen yayasan UMSU pada umum­nya merupakan alumni dari uni­versitas ini. Jadi tidak mungkin ija­zahnya diragukan lagi, kecuali bagi dosen yang berkualifikasi magister dari luar.

Sedangkan untuk blanko ijazah, pihaknya bekerjasama de­ngan Perum Peruri bagian Regional Barat sebagai bentuk pengamanan. Demikian pula halnya de­ngan Rektor Universitas Dhar­ma­wangsa (Undhar) Medan Kus­­bianto SH MHum. Pihaknya menyayangkan adanya “pele­cehan pendidikan” atas pe­mal­suan ijazah. Untuk itu dia me­nyatakan kesiapannya me­lakukan pengecekan ulang ijazah dosen yang mengajar baik dosen Kopertis maupun dosen Undhar, sekalipun dari awal rekrutmen sudah dilakukan pemeriksaan de­ngan teliti, seperti asal lembaga maupun ijazahnya. (swisma)
=======================

Close Ads X
Close Ads X