Komisi C Panggil Disperindag Dan Bulog

Medan|Jurnal Asia
Komisi C DPRD Kota Me­dan berencana memanggil per­wakilan Pemerintah Kota (Pem­ko) Medan khususnya Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Bulog guna membahas rencana Operasi Pasar di sejumlah tempat, teru­ta­ma dalam menghadapi bulan suci ramadan dan Idul Fitri 1436 H.

“Rencananya, pada awal Juni mendatang kita akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Disperindag dan Bu­log untuk membahas persiapan Ope­rasi Pasar menjelang bulan suci Ramadhan mendatang,” te­rang Ketua Komisi C DPRD Kota Medan, Salman Alfarisi, kepada war­tawan, Jum’at (29/5) kemarin.

Selain untuk membahas Ope­rasi Pasar, Salman juga me­nga­ku RDP tersebut untuk mem­bahas rumor merangkaknya ke­naikan harga sembako yang terjadi di sejumlah pasar. “Tentu dengan adanya Operasi Pasar ini membantu masyarakat un­tuk mendapatkan kebutuhan sem­bako dan menekan harga sembako agar tidak meningkat drastis,” jelasnya.

Disebutkan Salman, RDP ju­ga untuk mengetahui langkah-langkah Pemko Medan dalam me­ngatasi kenaikan harga khu­susnya bahan-bahan sem­bako. Apalagi Pemerintah Pusat telah menyiapkan langkah-langkah khusus untuk menekan harga barang-barang pokok jelang Ramadhan.

“Kita juga mau mengetahui antisipasi Pemko Medan dalam mengatasi kenaikan harga sem­bako menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Pemko Medan juga harus bersinergi dengan pe­me­rintah pusat terkait dengan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mengatasi kenaikan har­ga,” bebernya.

Di sisi lain, Salman berh­arap aparat terkait seperti Disperin­dag dan Polresta Medan da­pat meningkatkan pengawa­san terhadap barang-barang kadaluarsa yang beredar di pasaran.
“Perlu diantisipasi agar ti­dak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bagi masyarakat. Disperindag dan Polresta Medan harus melaksanakan operasi untuk mencegah terjadinya pe­nimbunan bahan-bahan po­kok,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, men­jelang bulan suci Ramadhan harga kebutuhan pokok di se­jum­lah pasar tradisional di Kota Medan mulai merangkak naik. Kenaikan cukup signifikan terjadi pada harga sembako jenis be­ras, telur, minyak goreng dan bawang putih yang melonjak hingga mencapai dua hingga tiga kali lipat. Selain itu pasokan yang terbatas membuat warga terpaksa melakukan aksi borong untuk kebutuhan puasa.

Kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok ini terjadi sejak sepekan terakhir di beberapa pasar tradisional. Hampir sebagian besar harga komoditi utama seperti beras, telur ayam, minyak goreng hing­ga bawang putih terus me­ngala­mi peningkatan signifikan. Kenaikan harga paling mencolok terjadi pada bawang putih. (mag-01)

Close Ads X
Close Ads X