Sumut Raih 19 Kejuaraan | 7 Pelajar Sutomo 1 Medan Sabet Gelar OSN 2015

kaki FOTO
Tim Sumatera Utara meraih gelar 19 kejuaraan pada Olimipade Sains Nasional (OSN) 2015, dari berbagai tingkat satuan pendidikan. Dari kejuaraan itu, tujuh diantaranya diraih pelajar Sutomo 1 Medan.

“Kami gembira dan bersyukur atas prestasi dan kejuaraan yang diraih ketujuh peserta didik tersebut pada ajang tingkat nasional,” ungkap Kepala SMA Sutomo 1 Medan, Ir Khoe Tjok Tjin di sekolah tersebut, Selasa (26/5).

Disebutkannya, ketujuh pelajar yang meraih juara pada OSN itu, dua berhasil merebut medali pe­rak untuk tingkat SMA atas nama Bella Godiva kelas X dengan bi­dang studi fisika, Jesslyn Jane kelas XI bidang studi kebumian. Se­dangkan hadiah perunggu diraih Andrea Laurentius kelas X pa­da bidang studi biologi serta Jofiandy Leonata P kelas X dengan bidang studi astronomi.
Didampingi Kepala SMP, Ferry SMN dan Kepala SD Helen, SSi Apt, Khoe Tjok Tjin juga menyebutkan keberhasilan yang diraih Alvinsen Japutra, siswa kelas V SD yang meraih medali perak pada bidang studi matematika.

Sedangkan untuk tingkat SMP diraih Brenna Varian kelas VIII-3 (Sutomo 2) dan Catherine Charles kelas 8-3 (Sutomo 1) mendapatkan medali perunggu untuk bidang studi Matematika.
Disebutkan juga oleh Khoe Tjok Tjin, Jofiandy Leonata yang selain meraih hadiah perunggu pada ajang OSN 2015 tersebut, pada 26 Juli mendatang akan mengikuti kejuaraan Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015 di Magelang, Indonesia yang dipercaya sebagai penyelenggara yang nantinya akan diikuti sekitar 50 negara.

Demikian juga salah seorang siswa lainnya, Jaswin menjadi duta Indonesia pada kejuaraan International Philosophy Olympiad (IPO) di India pada Juli 2015. “Kita memberikan apresiasi kepada para peserta didik atas prestasi yang mereka raih dengan memberikan beasiswa untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kepada pelajar lainnya,” ungkap Khoe Tjok Tjin.

Menurutnya, prestasi yang diraih pelajar itu merupakan bentuk pembinaan dan bimbingan yang diberikan setiap minggu pada kegiatan eskul, sehingga siap mengikuti berbagai ajang kejuaraan atau olimpiade baik digelar tingkat regional, nasional maupun internasional.

Terpisah, Kabid Dikmenti August Sinaga menyebutkan, pada ajang kegiatan OSN tingkat SMA di Yogyakarta pada 18-23 Mei 2015 lalu, Sumut hanya berhasil meraih 2 medali emas masing-masing diraih SetoJulianto, siswa SMA Swasta Methodist 3 Medan bidang studi kebumian dan Syanindita Chintya P, siswa SMAN 1 Matauli Pandang, Tapanuli Tengah untuk bidang studi ekonomi.

Selain medali perak dan perunggu yang diraih dua pelajar Sutomo, juga diraih pelajar Methodist 2 Medan atas nama Sherley Angeline pada bidang studi geografi dan Iman Hafandy serta Irna Dewi Arsika, keduanya siswa SMA Swasta Darul Mursyid Tapsel untuk bidang studi ekonomi yang juga meraih perunggu.

Sementara untuk jenjang SMK tak satupun siswa asal Sumut meraih prestasi di ajang Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) yang juga dilaksanakan di Yogyakarta tersebut. Kabid Dikdas dan PK, Dra Erni Mulatsih MPd mengatakan, untuk tingkat SMP, SD dan SLB kegiatan OSN digelar terpisah di dua lokasi yakni OSN SD dan SLB di Yogyakarta dan OSN SMP di Palu, Sulawesi Tengah. Pada ajang ini, siswa Sumut memperoleh 7 perak dan 4 perunggu dan 1 siswa meraih juara harapan I tingkat nasional.

Peserta yang meraih kejuaraan untuk siswa SD bidang studi IPA diraih Alvinsen (Medan) medali perak dan Gregorius Simanjuntak dari Dairi (Matematika). Medali perunggu diraih Nuel D Butar-butar dari Tobasa (IPA) dan Kevin S Zebua, Labuhan Batu (Matematika). Medali perak juga diperoleh Muhaymin, siswa SLB Medan bidang studi IT SLB Dikdas dan Rindu, siswa SLB Yapentra bidang studi Matematika SLB, serta Dirja, siswa SLB Karya Murni A mendapat juara harapan I bidang studi IPA SLB.

Selanjutnya, untuk tingkat SMP direbut Christina berhasil mendapatkan medali perak bidang studi IPA, Maurits Arif Fathoni Lubis (IPS) dan Akeyla Pradia Naufal (Matematika), ketiga siswa tersebut berasal dari kota Medan. Sedangkan Brenna Varian dan Catherine Charles dari Medan mendapatkan medali perunggu untuk bidang studi Matematika. (swisma)

Close Ads X
Close Ads X