Menperin Minta AHM Tingkatkan Ekspor

Jakarta | Jurnal Asia
Menteri Perindustrian Saleh Husin meminta PT Astra Honda Motor (AHM) untuk meningkatkan ekspor sepeda motor hingga 100 ribu unit per tahun di waktu yang akan datang.
“Kalau saat ini 30 ribu unit, ka­mi berharap ke depannya kami bi­sa meresmikan ekspor untuk 100 ribu unit,” kata Menperin saat memberi sambutan pada pe­resmian ekspor sepeda motor per­dana AHM di Cikarang, Jawa Ba­rat, Selasa.

Menurutnya, keberhasilan AHM mengekspor sepeda motor ke Filipina dan negara tujuan eks­por lainnya akan semakin me­nambah kepercayaan pasar internasional terhadap produk otomotif khususnya sepeda motor buatan dalam negeri.

“Saya juga mengharapkan kepada produsen sepeda motor lainnya di dalam negeri agar dapat mengikuti langkah yang dilakukan oleh AHM dalam melakukan terobosan ekspor un­tuk mengurangi defisit per­da­gangan Indonesia pada sek­tor in­dustri otomotif secara ke­se­luruhan,” ujar Menperin.

Pasalnya, menembus pasar ASEAN tidaklah mudah, karena kom­petitornya berasal dari se­sama negara ASEAN, sehingga per­lu kejelian untuk merebut pa­sar mana yang dapat dimasuki kendaraan roda dua ini. “Selain itu, standar inter­na­sio­nal yang mempersya­rat­kan kualitas dan keamanan pro­duk yang sangat ketat harus dip­e­nu­hi,” ujar Menperin.

Sementara itu, Wakil Presi­den Ekse­kutif AHM Johanes Lo­man me­­ngatakan, pihaknya akan mem­pertimbangkan imbau­an yang disampaikan Menpe­rin ter­sebut. “Itu kan harapan dari pak men­teri, kami berusaha untuk men­capainya. In Shaa Allah da­lam satu hingga dua tahun,” Namun, Johanes belum mau berbagi terkait strategi yang akan dilakukannya untuk mencapai target tersebut.
“Itu nanti, tunggu saja. Ka­mi berlum bisa sampaikan,” ka­tanya.
(ant)

Close Ads X
Close Ads X