Industri Asuransi Mulai Lakukan Pemeringkatan

Jakarta | Jurnal Asia
Sejumlah perusahaan asu­ransi baik jiwa maupun umum mulai berlomba-lomba untuk mendapatkan rating baik secara nasional maupun in­ternasional pada tahun ini. Sebut saja, PT Tugu Pratama Indonesia (TPI) be­rencana untuk mendapatkan peringkat internasional. Apa­lagi, pada saat yang sama, TPI telah membentuk di­visi bisnis internasional untuk mempersiapkan rencananya itu. Sebelumnya, PT Fitch Ra­tings Indonesia memberikan peringkat IFS AA (Idn) kepada TPI pada 3 Februari 2015.

“Kami punya visi untuk menembus pasar internasional, nah salah satu yang sudah dilakukan adalah membentuk divisi bisnis internasional. Kalau peringkat nasional, kami sudah punya,” kata Presiden Direktur TPI Yasril Y. Rasyid di Jakarta, Selasa (26/5).

Menurutnya, meski tidak wajib, sertifikat pemeringkatan merupakan syarat mutlak jika suatu perusahaan berniat untuk menjali kerja sama dengan mitra internasional atau berencana untuk me­nembus pasar in­ternasional. Tidak hanya itu, perusahaan asuransi umum yang 65% sahamnya dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) ini juga membidik untuk memperbesar porsi ritelnya menjadi 15% dari 10% pada tahun lalu.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Yasril me­nge­mukakan pihaknya te­ngah mem­persiapkan se­jumlah opsi yang salah satunya adalah mengakuisi perusahaan asu­ransi di Indonesia. Nantinya, perusahaan tersebut akan khu­suS mengelola bisnis ritel TPI.

“Dalam waktu dekat, k­a­mi berniat untuk mencari mitra kerja sama untuk me­rea­lisasikan rencana pe­mi­sahaan unit syariah . Ka­jian pemisahaan unit syariah dimulai tahun ini. Nantinya, unit syariah itu akan mengelola bisnis ritel TPI,” katanya.

Kesiapan TPI untuk me­misahkan unit usaha sya­riah­nya juga tidak terlepas dari kapasitas permodalan yang hampir memenuhi ke­tentuan regulator yakni Rp50 miliar bagi full fledge asuransi syariah. Per 2014, unit syariah TPI telah memiliki modal senilai Rp48 miliar.

Tidak hanya itu, beberapa perusahaan asuransi misalnya PT Citra International Un­der­writers (CIUI), PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (AJWA), dan PT Tugu Rea­suransi Indonesia telah me­miliki peringkat nasional da­ri beberapa perusahaan pe­meringkat di Indonesia.
(bc)

Close Ads X
Close Ads X