Bunga Deposito Terus Melandai

Jakarta | Jurnal Asia
Sejumlah bank melanjutkan tren pemangkasan bunga deposito guna mengurangi beban bunga. Kondisi likuiditas yang longgar dan ekspansi kredit yang melambat menjadi faktor pendorong bagi perbankan untuk menurunkan bunga deposito.

Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, mengatakan bank terus menurunkan bunga deposito sebesar 25 basis poin (bps) setiap bulan untuk mengurangi dana deposito. Ini dilakukan BCA sejak awal tahun.

“Kami turunkan setiap bulan sampai dananya kira-kira stabil. Kami perlu turunkan bunga deposito karena bunga kredit sudah kami turunkan jadi perlu diseimbangkan,” jelasnya, Selasa (26/5).

Jahja menekankan, bunga deposito akan terus diturunkan selama dana deposito tetap mengalami kenaikan. Per Maret 2015, dana deposito di BCA naik 21,5% menjadi Rp110,30 triliun sehingga mendorong peningkatan beban bunga sebesar 16%, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan bunga sebesar 12,5%.

Berdasarkan presentasi keuangan BCA, tingakt bunga deposito untuk nominal di atas Rp2 miliar turun menjadi 7% per April 2015 dari posisi per Januari 2015 sebesar 9,25%. Adapun, bunga deposito di bawah Rp2 miliar turun menjadi 6,5% dari posisi Oktober 2015 sebesar 7,5%.

PT Bank DKI juga telah menurunkan bunga deposito menjadi di bawah 8%. Eko Budiwiyono, Direktur Utama Bank DKI, mengatakan penurunan bunga deposito terutama dilakukan untuk deposito dengan nominal yang besar. “ Bank-bank besar juga sudah di bawah 8%,” ujarnya.

Per Maret 2015, jumlah deposito Bank DKI mencapai Rp14,97 triliun atau 53,17% dari total DPK. Komposisi deposito yang lebih tinggi dibandingkan dengan dana murah juga turut mengerek beban bunga sebesar 37,21 menjadi Rp394,14 miliar.

Secara industri, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat , suku bunga acuan pasar yang menjadi benchmark LPS atau disebut suku bunga pasar (SBP), mengalami penurunan sebesar 8 basis poin menjadi 7,23% bila dibandingkan dengan posisi Maret 2015. Selain itu, SBP untuk suku bunga maksimum juga mengalami penurunan sebesar 10 basis poin menjadi 8,71%.
(bc)

Close Ads X
Close Ads X