Kementerian ESDM Gelar The 3rd Bionergy Week in Asia

Medan | Jurnal Asia
Kementrian Energi dan Sum­ber Daya Mineral Republik In­do­nesia dalam rangka ker­ja­sama dengan Global Bio­ener­gy Partnership (GBEP) for sustainable Bioenergy menye­lenggarakan acara The 3rd Bioenergy Week in Asia.

Salah satu kegiatan GBEP adalah untuk melakukan pe­ngem­bangan capacity building seperti kegiatan Bioenergy Week. Acara Bioenergy Week ber­tujuan untuk mendukung pengembangan biofuel dan biomassa yang berkelanjutan khususnya di negara berkem­bang yang memiliki potensi biomass yang besar.

Tahun 2015, Indonesia tepat­nya kota Medan, Sumatera Utara terpilih sebagai Tuan Rumah The 3rd Bioenergy Week yang bertempat di Santika Premiere Hotel & Convention Medan. Acara akan berlangsung tiga hari mulai 25 Mei 2015 hingga 29 Mei 2015.

Adapun alasan dipilihnya Medan sebagai Tuan Rumah mewakili Indonesia karena Me­dan memiliki potensi Sumber Daya Bioenergy yang besar khususnya kelapa sawit. Sebe­lumnya, The First Bioenergy Week diselenggarakan di Brazil pada Maret 2013 dan The Second Bioenergy Week dilaksanakan di Mozambique pada Mei 2014.

Acara pembukaan ini dibuka dengan menyanyikan lagu ke­bang­saan Indonesia Raya dan persembahan Tarian “Sumut Harmoni” yang menampilkan budaya budaya dari beberapa kota di Sumatra Utara.
Acara ini turut dihadiri Assis­ten II Bidang Perekonomian dan Pem­bangunan Pemprovsu Dr. Hj. R. Sabrina mewakili Gubernur Sumatra Utara H. Pujo Nugroho, Executive Secretary Global Bio­energy Partnership (GBEP) Dr. Maria Michela Morese, Embassy of the Federative Republic of Brazil Rodrigo Andrade Cardoso, Direktur Bioenergy Tisnaldi yang mewakili Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Asisten Deputy di Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Dr. Nani Hendiarti mewakili Menteri Koordinator bidang kemaritiman.

Selain itu, acara ini juga turut dihadiri peneliti dan pemerintah dari negara-negara dari Amerika Latin dan Karibia, Afrika, Asia Tenggara,Eropa serta sektor swasta terutama berasal dari Asia. (Lisa)

Close Ads X
Close Ads X