Ribuan Umat Buddha Kota Medan akan Rayakan Tri Suci Waisak

Audiensi DPD Perwakilan Umat Buddha Indnesia (2)
Medan|Jurnal Asia
Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kota Medan Earlnus Chen mengatakan ribuan umat Buddha di Kota Medan dipastikan akan menghadiri perayaan Tri Suci Waisak. Hal tersebut disampaikan Ketua Walubi Kota Medan Earlnus Chen didampingi Sutjipto ST (Sekretaris), Berng Ho Sani (Wakil Ketua), Ridwan ST (Wakil Ketua), Wong Chu Sen Tarigan (Wakil Ketua), Daslim (Wakil Ketua) dan Solihin Chandra (Bendahara) saat beraudensi dengan Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (19/5).

Selain bersialturahmi, kunjungan ini dilakukan untuk melaporkan rencana perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak yang akan dilaksanakan di Yanglim Plaza Jalan Emas Medan, Minggu (31/5). Earlnus berharap agar Wali Kota hadir dan memberikan sambutan dalam merayakan 3 peristiwa agung yan terjadi pada Kehidupan Sang Buddha tersebut.”Kami mengundang Bapak Wali Kota agar menghadiri perayaan Tri Suci Waisak sekaligus memberikan kata sambutan. Kehadiran Bapak sangat diharapkan, sebab Bapak merupakan satu-satunya Wali Kota yang menghadiri langsung peringatan Waisak. Sebelumnya setiap kali Wali Kota kita undang, asisten yang selalu datang mewakili,”kata Earlnus.

Atas dasar itulah lanjut Earlnus lagi, atensi umat Buddha terhadap Wali Kota cukup tinggi. Sebab, Wali Kota dinilai sangat perhatian dengan umat Buddha di Kota Medan. Karenanya, umat Buddha mendukung penuh seluruh program pembangunan yang dijalankan Pemko Medan. Dijelaskan Earlnus lagi, peringatan Waisak akan diisi dengan banyak kegiatan.

Apalagi di Walubi terdapat 10 majelis dan masing-masing majelis akan menampilkan pertunjukan kesenian guna memeriahkan perayaan Waisak tersebut. “Sekali lagi kami sangat berharap Bapak Wali Kota untuk menghadiri. Kehadiran Bapak tentunya akan memotivasi kami lagi,”ungkapnya.

Wali Kota menyambut baik dilaksanakannya perayaan Tri Suci waisak tersebut. Melalui perayaan itu, dia berharap dapat membawa ketentraman, tidak hanya bagi umat Buddha tetapi juga seluruh umat. Dikatakannya lagi, nilai- nilai universal darma Sang Buddha sungguh penting artinya dalam membangun kota, khususnya Kota Medan dimana kota akan bermartabat jika memiliki pondasi moral yang kuat, sehingga masyarakatnya dapat membedakan mana yang buruk dan yang baik, tetapi juga akan mendorong semua untuk menjadi lebih baik.

“Jadi saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Walubi Kota Medan dengan menggelar perayaan Waisak ini. Selain itu Walubi juga berperan penting dalam memajukan kehidupan beragama di Kota Medan, khususnya agama Buddha. Saya berharap peran ini terus ditingkatkan guna memberikan pencerahan, pencerdasan dan keteladanan di tengah tengah masyarakat,”harap Wali Kota. (Mag-01)

Close Ads X
Close Ads X