Pemkab Langkat Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat

BBGRM (6)
Langkat | Jurnal Asia
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XII bersamaan de­ngan Hari Lahir TP. PKK Kabupaten Langkat ke – 43 di lapangan sepakbola Desa Banyumas, Kecamatan Stabat, Senin (18/5).

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH mengatakan, pen­canangan BBGRM merupakan wujud komitmen Pemkab Langkat dalam menggelorakan semangat ke­mandirian masyarakat yang pa­da akhirnya akan menggelorakan ciri dan jati diri bangsa.

Lebih khusus, Ngogesa me­ngatakan, pencanangan BBGRM dirangkai dengan perayaan ke-43 HUT TP PKK Kabupaten Langkat. “Harapan saya, memasuki usia ke – 43, TP. PKK Kabupaten Langkat semakin lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya ser­ta berperan serta membantu Pe­merintah dalam menciptakan pemberdayaan masyarakat,” kata Ngogesa.

Terkait dengan tujuan BBGRM tahun ini, Ngogesa menegaskan bahwa semangat gotong royong masyarakat akan menjadi corong terdepan wujudkan keberhasilan suatu daerah, baik dalam segi keharmonisan masyarakatnya maupun dalam hal lainnya.

Ketua TP. PKK Kabupaten Lang­kat Hj Nuraida Ngogesa me­nyam­paikan, momen ini menjadi cerminan bagi TP.PKK Kabupaten Langkat, karena Pemkab Langkat terus berkomitmen membangun keberhasilan daerah tanpa me­lupakan peran PKK.

“ Oleh karena itu, TP. PKK Kabupaten Langkat akan selalu menunjukkan kepada masyarakat bahwa PKK lahir untuk masyarakat, sejatinya, untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat, sejahtera dan mandiri,” kata Hj Nurraida.

Sebelumnya, Kepala Badan PMDK Drs Jaya Sitepu melaporkan kegiatan bertujuan menggelorakan semangat gotong royong yang dimulai dari masyarakat desa, kemudian, setelah itu, tingkat kemandirian masyarakat akan semakin lebih meningkat.

Pencanganan BBGRM juga dirangkaikan dengan pemberian secara simbolis peralatan gotong royong seperti cangkul dan sekop, selanjutnya pemberian piagam penghargaan Lomba Desa terbaik tingkat Kabupaten Langkat yang dimenangkan Desa Pematang Serai Tanjung Pura, disusul Desa Sei limbat dan Desa Stabat Lama.

Setelah itu, pemberian pia­gam penghargaan dari TP. PKK Kabupaten Langkat kepada de­sa pemenang kategori tertib ad­ministrasi (Desa Paya) kategori UP2K (Desa Pantai Cermin), ka­tegori Hatinya PKK (Kelurahan Hinai Giri), Kategori PKDRT (Desa Stabat Lama), kategori Toga (Desa Kwala Pesilam), dan kategori PTP2KS (Desa Batang Serangan).

Diakhir acara, Pemkab Lang­kat melalui instansi terkait juga memberikan bantuan b­e­bek sebanyak 41 ekor, 150 bibit ma­honi dan tranbesi, alat-alat per­tanian, bibit pekarangan, 5000 ekor bibit ikan nila dan lele, pelayanan perpustakaan keliling, makanan tambahan bagi ibu-ibu Lansia, pelayanan internet gratis, pembangunan mushola dan normalisasi parit. (arfan lubis)

Close Ads X
Close Ads X