Pemkab Sergai Gelar Lokakarya Partisipasi Masyarakat

Cenderamata
Sei Rampah | Jurnal Asia
Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Serdang Bedagai (Ser­gai) terus menunjukkan ko­mitmen untuk mewujudkan Re­formasi Birokrasi (RB) dan transparansi disetiap bidang kegiatan pemerintahan seperti digelarnya Lokakarya Partisipasi Masyarakat Dalam Agenda Re­­for­masi Birokrasi Daerah, Se­nin (11/5) yang bekerjasama dengan GIZ-TRANSFORMASI di Grand Swiss Bellhotel Jalan S. Parman Medan.

Bupati Sergai Ir H Soekirman saat membuka lokakarya me­nga­takan, perlu dipahami ber­sama bahwa reformasi biro­krasi pada hakikatnya me­rupakan upaya untuk me­lakukan pem­baharuan dan peru­bahan dasar ter­hadap sistem pe­nye­leng­garaan pemerintahan yang me­nyang­kut aspek kelem­ba­gaan, ketatalaksanaan dan sumber daya manusia apa­ratur.

“Reformasi birokrasi dila­kukaan untuk mewujud­kan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) de­ngan langkah strategis dalam me­layani masyarakat,” ujar Bupati Sergai.
Dikatakan Soekirman, saat ini permasalahan yang terjadi pada kalangan birokrasi adalah telah diberlakukannya peraturan perundang-undangan yang baru salah satunya masalah wajib belajar 12 tahun yang diatur dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Saat sekarang ini berdasar­kan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa kabupaten/kota hanya mengurusi masalah pendidikan dari tingkat SD/SMP ke bawah saja, untuk tingkat SMA/SMK menjadi tanggungjawab pro­vinsi,” katanya.

Soekirman menjelaskan, me­nyikapi perubahan kebijakan te­rsebut serta mendukung pe­­­­lak­sanaan reformasi biro­krasi, Pemkab Sergai ha­rus menetapkan road map sebagai s­ebuah peta jalan yang ke­mu­dian diimplementasikan ber­sama para stakeholder ter­masuk masyarakat sipil secara partisipatif dan konstruktif.

Road map ini disusun de­ngan tujuan menciptakan biro­­krasi yang bersih dan be­bas korupsi, kolusi dan ne­potisme, meningkatkan kua­litas pelayanan publik serta ka­pasitas dan akuntabilitas kinerja pemerintahan.

Turut hadir dalam lokakarya yang berlangsung selama tiga ha­ri sejak 11-13 Mei 2015, Asis­ten Deputi Akuntabilitas, Refor­masi Birokrasi dan Pengawa­san Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Ronald Andrean Annas selaku narasumber, Se­nior Advisor GIZ Transformasi Djuni Tamrin, Asisten Ekbangsos Drs H Hadi Winarno MM, Asisten Admum H Rapotan Siregar MAP, staf Ahli Bupati Drs Herlan Pang­gabean, para SKPD. Peserta yang mengikuti lo­ka­karya terdiri dari tim reformasi biro­krasi Pemkab Sergai, Or­ganisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan jurnalis komunitas.
(ali amran)

Close Ads X
Close Ads X